Journal Article
Published
Strategi Komunikasi Language Advisory Council dalam Pembelajaran Bahasa Resmi Bagi Santri Baru
Abstract
Pembelajaran bahasa resmi di Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 2 merupakan langkah awal yang
harus dilakukan oleh staf LAC kepada santri baru. Bahasa resmi yang dipelajari oleh santri baru bagaikan asas
pondasi sebuah bangunan, apabila pondasinya kuat maka bangunan yang ada diatasnya akan berdiri kokoh.
Begitupula santri baru, tahan pembelajaran bahasa resmi merupakan asas bagi mereka sebagai bekal untuk
memahami pelajaran-pelajaran yang ada di kelas selanjutnya. Sebagian besar pelajaran sudah menggunakan
bahasa Arab dan Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa strategi komunikasi dan hambatanhambatan yang dialami staf LAC dalam pembelajaran bahasa resmi bagi antri baru. Penelitian ini
menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.
Analisa hasil penelitian menggunakan teknik analisa data lapangan Miles dan Hubberman. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa strategi komunikasi staf LAC di PMDG Kampus 2 dalam pembelajaran bahasa resmi
bagi santri baru dilakukan melalui pemilihan pengurus asrama santri baru berdasarkan kemampuan bahasa arab
dan inggris yang dimiliki, perolehan nilai pada ujian terakhir dan sifat rajin yang dimiliki oleh pengurus
asrama. Pemetaan santri baru dilakukan dengan mengelompokkan santri baru berdasarkan latar pendidikan
sebelum masuk Gontor 2, pesan yang disampaikan oleh staf LAC melalui pengurus asrama dikemas dalam
beberapa kegiatan harian dan mingguan, pemilihan media pembelajaran yang sesuai, dan faktor yang menjadi
hambatan adalah adanya sikap acuh tak acuh dari beberapa pengurus asrama terhadap santri yang melanggar
disiplin bahasa, dan juga pergaulan santri baru dengan santri lama.
Publication Details
JournalJurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi
Volume6 (1)
Pagespp. 141-156
ISSNE-ISSN: 2580-6955
KeywordsStrategi Komunikasi, Bahasa Resmi, LAC, Pondok Modern Darussalam Gontor, Santri.
Item ID3040
Deposited25 Oct 2023 07:09