Journal Article
Published
Manajemen Krisis Dinas Kesehatan Ponorogo Dalam Menghadapi Covid-19 Varian Baru Omicron
Abstract
ABSTRAK
Munculnya varian covid-19 baru (Omicron) memberikan dampak nyata di Ponorogo. Dalam upaya
menanggulangi krisis yang terjadi, perlu adanya penanganan khusus bagi pihak berwajib ataupun masyarakat.
Dinas Kesehatan menjadi sebuah institusi yang berada di garda terdepan dalam merespon krisis kesehatan harus
bertindak cepat sebelum berkembang menjadi fenomena berlanjut. Salah satu fenomena krisis komunikasi di era
pandemi ini adalah timbulnya sebuah kekhawatiran berlebih akan dampak penyebaran penyakit dan juga
kebijakan yang dibuat oleh lembaga berwenang. Merujuk pada teori yang diutarakan oleh W. Thompson
mengenai 4R (Readliness, Radar, Response, Recovery) dalam menanggapi sebuah krisis. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui strategi manajemen krisis Dinas Kesehatan Ponorogo dalam menangani krisis
Covid-19 Varian Omicron. Penelitian ini merupakan metode deskriptif kualitatif. Proses pengambilan data
dilakukan baik primer maupun sekunder, yaitu wawancara mendalam dengan kepala P2P Dinas Kesehatan,
pengambilan dokumentasi tingkat angka pasien terdampak di Ponorogo. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa manajemen krisis yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Ponorogo dalam menghadapi varian baru
omicron sesuai dengan tahapan teori 4R milik Thompson.
Publication Details
JournalJurnal Komunikasi dan Budaya
Volume3 (1)
Pagespp. 75-88
ISSNE-ISSN : 2723-0929, P-ISSN : 2776-6977
KeywordsManajemen, Krisis, Dinkes, Omicron
Item ID3102
Deposited11 Dec 2023 01:36