Anwar, Saiful (2023) IMPLEMENTASI LINGKUNGAN BAHASA BAGI PENUTUR NON ARAB DI PESANTREN MODERN. IMPLEMENTASI LINGKUNGAN BAHASA BAGI PENUTUR NON ARAB DI PESANTREN MODERN, 11 (2). pp. 794-815. ISSN 2540-9697
FILE TEXT (Jurnal)
Jurnal Palapa_November 2023.pdf - Published Version License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (385kB) |
|
FILE TEXT (Plagiarism)
Plagiarism.pdf - Published Version License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (433kB) |
Abstract
Pembelajaran bahasa Arab dirasa sangat sulit dipelajari bagi bukan penutur asli Arab khusunya bagi pemula. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi lingkungan bahasa Arab bagi Santriwati Baru di Pondok Modern Darussaam Gontor Putri Kampus Satu. Aspek penting penelitian ini yaitu pembentukan lingkungan bahasa yang meliputi: Jenis, program, komponen pendukung, dan kendala dalam pembentukan lingkungan bahasa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan jenis penelitian deskriptif, metode pemaparan berdasarkan kenyataan pada fenomena yang nyata, dan dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan: Lingkungan bahasa terbentuk dari dua lingkungan yaitu lingkungan formal dan non formal. Lingkungan bahasa terbentuk dengan adanya program kegiatan kebahasaan berupa ilqo’ mufrodat (pemberian kosakata bahasa Arab), idhof lughowi (pembekalan intensif materi bahasa Arab), pidato bahasa Arab, tasyjiyy’u lugho, muhaawarah usbu’iyyah, Fun Friday, dll. Komponen utama dalam mendukung terbentuknya lingkungan bahasa berupa adanya figur/Qudwah dalam berbahasa Arab di setiap waktu. Adapun kendala yang dihadapi dalam mengimplementasikan lingkungan bahasa bagi santriwati baru di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 1 antaralain: Perbedaan latar belakang santriwati dalam pembelajaran bahasa Arab, kurangnya rasa keingintahuan, lemahnya kemampuan santriwati dalam mempelajari bahasa Arab, dan adanya unsur meremehkan terhadap peraturan disiplin. Adapun solusinya dengan mengadakan kegiatan kebahasaan yang menarik, memberikan qudwah dan motivasi untuk mencintai bahasa Arab, dan memperketat dalam pengawalan disipilin berbahasa Arab. Hasil penelitian ini diharapkan mampu memotivasi para guru dalam menciptakan dan mempertahankan lingkungan bahasa yang lebih kondusif lagi.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | PAK Fakultas Tarbiyah |
Date Deposited: | 27 Dec 2023 04:01 |
Last Modified: | 27 Dec 2023 04:01 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/3199 |
Statistics Downloads of this Document
View Item |