Journal Article
Published
IMPLEMENTASI LINGKUNGAN BAHASA BAGI PENUTUR NON ARAB DI PESANTREN MODERN
Abstract
Pembelajaran bahasa Arab dirasa sangat sulit dipelajari bagi bukan penutur asli Arab
khusunya bagi pemula. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi lingkungan bahasa
Arab bagi Santriwati Baru di Pondok Modern Darussaam Gontor Putri Kampus Satu. Aspek penting
penelitian ini yaitu pembentukan lingkungan bahasa yang meliputi: Jenis, program, komponen
pendukung, dan kendala dalam pembentukan lingkungan bahasa. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif, dan jenis penelitian deskriptif, metode pemaparan berdasarkan kenyataan pada
fenomena yang nyata, dan dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan: Lingkungan bahasa terbentuk dari dua lingkungan
yaitu lingkungan formal dan non formal. Lingkungan bahasa terbentuk dengan adanya program kegiatan kebahasaan berupa ilqo’ mufrodat (pemberian kosakata bahasa Arab), idhof lughowi (pembekalan
intensif materi bahasa Arab), pidato bahasa Arab, tasyjiyy’u lugho, muhaawarah usbu’iyyah, Fun Friday, dll.
Komponen utama dalam mendukung terbentuknya lingkungan bahasa berupa adanya figur/Qudwah
dalam berbahasa Arab di setiap waktu. Adapun kendala yang dihadapi dalam mengimplementasikan
lingkungan bahasa bagi santriwati baru di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 1
antaralain: Perbedaan latar belakang santriwati dalam pembelajaran bahasa Arab, kurangnya rasa
keingintahuan, lemahnya kemampuan santriwati dalam mempelajari bahasa Arab, dan adanya unsur
meremehkan terhadap peraturan disiplin. Adapun solusinya dengan mengadakan kegiatan kebahasaan
yang menarik, memberikan qudwah dan motivasi untuk mencintai bahasa Arab, dan memperketat
dalam pengawalan disipilin berbahasa Arab. Hasil penelitian ini diharapkan mampu memotivasi para
guru dalam menciptakan dan mempertahankan lingkungan bahasa yang lebih kondusif lagi.
Publication Details
JournalIMPLEMENTASI LINGKUNGAN BAHASA BAGI PENUTUR NON ARAB DI PESANTREN MODERN
Volume11 (2)
Pagespp. 794-815
ISSN2540-9697
Item ID3199
Deposited27 Dec 2023 04:01