Amrullah, Khasib (2021) Metode Sains: Membaca Pemikiran Epistemologis al Attas dan Wall. IJOIS, 2 (2). pp. 181-190. ISSN -
FILE TEXT (Metode Sains: Membaca Pemikiran Epistemologis al Attas dan Wall)
6. Metode Sains Membaca Pemikiran Epistemologis al Attas dan Wall.pdf - Published Version License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (333kB) |
|
FILE TEXT (Cek Plagiarisme)
Metode Sains Membaca Pemikiran Epistemologis al Attas dan Wall.pdf Download (354kB) |
Abstract
Tulisan ini akan membahas metode sains yang dikemukakan oleh al Attas dan Thomas F Wall. Pertanyaan utama dalam tulisan ini adalah “dimanakah posisi pengetahuan agama dalam metode saintifik?”; dimana pengetahuan agama selama ini dipandang sebagai sumber kebenaran. dengan kata lain mungkinkah pengetahuan agama diakomiodir dalam metode ilmiah? Dari latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk membandingkan pemikiran al Attas dan Wall dalam masalah di atas. Dipilihnya kedua tokoh karena keduanya merupakan tokoh pemikir kontemporer dalam bidang yang sama yakni filsafat ilmu, dimana al Attas mewakili filsuf ilmu Islam dan Wall mewakili peradaban ilmu Barat. Artikel ini merupakan penelitian pustaka; menggunakan analisis kontain dan perbandingan. Disamping itu, pendekatan filosofis juga akan diguakan dalam tulisan ini. Adapun hasil kajian ini adalah Wall tidak mengakomodir pengetahuan agama dalam metode ilmiahnya. Wall menumpukan kebenaran pada penelitian adalah kebenaran subjektif peneliti yang diformulasikan ke dalam hipotesis. Sebaliknya, al Attas menerima pengetahuan agama (baca: Islam) sebagai kebenaran objektif dalam metode ilmiahnya.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode sains; Rasio; Pengalaman Inderawi; Wahyu |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin UNIDA Gontor > Aqidah Filsafat Islam |
Depositing User: | PAK Fakultas Ushuluddin |
Date Deposited: | 30 Mar 2024 07:29 |
Last Modified: | 30 Mar 2024 08:02 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/3219 |
Statistics Downloads of this Document
View Item |