Journal Article
Published
Indikator Perilaku Konsumen Dalam Memenuhi Kebutuhan Primer (Studi Maslahah Imam Al-Gazali Kitab Al Mustasfa Min ‘Ilm Ushul)
Abstract
Perilaku konsumen merupakan sikap manusia dalam memanfaatkan pema- sukannya dalam memenuhi kebutuhan, baik secara individu maupun sosial. Prob- lematika ekonomi manusia dalam perspektif Islam adalah pemenuhan kebutuhan (need) dengan Sumber Daya Alam (SDA) yang tersedia, dengan adanya konsep maslahah diharapkan membantu dalam memenuhi kesejahteraan hidup manusia kekinian. Imam Al-Ghazali telah dahulu mengenalkan konsep dari fungsi kese-
jahteraan sosial, yang mana didalamnya kita dituntut untuk dapat membedakan kebutuhan dharuriyyat, hajiyyat, dan tahsiniyyat merupakan suatu hal yang ha- rus dicermati, jangan sampai kita salah dalam menentukan kategori tingkatan tesebut. Pengenalan dalam pemenuhan kebutuhan skala prioritas sudah diperke- nalkan sejak dulu meskipun belum ditelaah secara mendetail. Penerapan al-ush- uul al-khamsah dalam memenuhi kebutuhan manusia telah memberi kemudahan dengan disertai perkembangannya hingga saat ini. Nilai universal yang dimiliki menjadi nilai tersendiri dalam mengawal perilaku seorang konsumen untuk men- jadi seorang Islamic Man.
Publication Details
JournalIslamic Economic Journal
Volume03 (02)
Pagespp. 201-220
ISSN2460-1896
SubjectsH Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Item ID326
Deposited14 Oct 2020 02:17