Khadapi, Khori (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR FIKIH DENGAN MODEL PEMBELAJARAN ICARE SISWA KELAS 7 DI MTS DARUL FIKRI PONOROGO TAHUN AJARAN 2021/2022. S1 Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DARUSSALAM GONTOR.
FILE TEXT (skripsi)
6. Khori Khadapi. Watermark.pdf - Submitted Version Exclusive to Registered users only until 2027. License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
Salah satu upaya untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional terdapat dalam pembelajaran Fikih, yang mekankan pada pemahaman yang benar mengenai ketentuan hukum dalam Islam serta kemampuan cara melaksanakan ibadah dan hubungan yang baik dalam kehidupan sehari-hari. Pondok Pesantren Darul Fikri adalah sebuah lembaga pendidikan Islam di bawah Yayasan Darul Fikri Bringin, Kauman, Ponorogo. Kurikulum formal mengacu pada Kementrian Agama dan Kurikulum berbasis Pesantren. Dari data hasil belajar kelas VII B tahun sebelumnya, siswa yang tuntas 9 siswa (37,5%), sedangkan siswa yang belum tuntas 15 siswa (62,5%) dari 24 siswa. Ketidaksesuaian model pembelajaran berdampak pada hasil belajar dan juga semangat belajar siswa. Maka dalam rangka meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa, peneliti berupaya untuk meneliti dengan model pembelajaran ICARE dalam meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa kelas VII B pada mata pelajaran Fikih. Tujuan penelitian ini adalah : 1) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Fikih dengan model pembelajaran ICARE kelas VII B, 2) untuk mengetahui peningkatan keaktifan siswa dengan model pembelajaran ICARE kelas VII B. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) “Classroom Action Research”dengan model Kurt Lewin. jumlah siswa pada penelitian ini adalah 30 siswa. Objek penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa kelas VII B pada mata pelajaran Fikih dengan menggunakan model pembelajaran ICARE. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah, tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut : 1) bahwa model pembelajaran ICARE dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas VII B Madrasah Tsanawiyah Darul Fikri Bringin Kauman Ponorogo. Pada Siklus I, diperoleh yang tuntas 16 siswa (53,3%) dengan rata-rata nilai 3,011. Dan meningkat sebanyak 6 siswa (20%) pada siklus II, dengan siswa yang tuntas 22 siswa (73,3%) dengan rata-rata nilai 3,128 dari 30 siswa. 2) bahwa model pembelajaran ICARE dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII B Madrasah Tsanawiyah Darul Fikri Bringin Kauman Ponorogo. pada siklus I, diperoleh siswa yang tuntas 13 siswa (43,3%) dengan rata-rata nilai 67,8. Dan meningkat sebanyak 10 siswa (33,4%) pada siklus II, dengan siswa yang tuntas 23 siswa (76,7%) dengan rata-rata nilai 73,3, dari 30 siswa. Harapan peneliti kepada siswa agar dapat mengaplikasikan pelajaran fikih dalam kehidupan sehari-hari. Kepada guru agar dapat menjadikan model pembelajaran ICARE dalam proses mengajar di dalam kelas. Kepada peneliti selanjutnya agar dapat mengembangkan model pembelajaran yang bervariatif sehingga tercapai proses belajar mengajar yang baik.
Item Type: | Thesis ( S1 Undergraduate ) |
---|---|
Subjects: | 23rd Dewey Decimal Classification > 200 – Agama > 200 - Agama > 200 Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | amalul fahrul handika |
Date Deposited: | 30 Oct 2024 02:20 |
Last Modified: | 30 Oct 2024 02:20 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/3803 |
Statistics Downloads of this Document
View Item |