Search for collections on UNIDA Gontor Repository

آلية إدارة التخطيط في التسويق بالبنك الإسلامي (دراسة مكتبية)

Fido, A. Nur Syahrir Mubarok (2009) آلية إدارة التخطيط في التسويق بالبنك الإسلامي (دراسة مكتبية). S1 Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.

[img] FILE TEXT (A. Nur Syahrir Mubarok Fido - HES - 2009)
A. Nur Syahrir Mubarak Fido - HES - 2009.pdf - Published Version
Exclusive to Registered users only
License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Perkembangan bank tidak terlepas dari penyediaan kebutuhan produk bank syari'ah. Ini harus dilakukan melalui perencanaan yang matang, baik untuk perencanaan jangka pendek maupun jangka panjang. Rencana yang telah disusun, dilaksanakan secara baik oleh bankir yang profesional. Kemudian rencana yang telah disusun dan dijalankan perlu dilakukan pengawasan dan pengendalian secara terus-menerus agar tidak menyimpang dari yang sudah direncanakan. Pada akhirnya kegiatan pemasaran di bank syari'ah diharapkan dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan nasabah serta juga akan memberikan kepuasan kepada para nasabahnya. Hal ini menarik penulis untuk membahas lebih lanjut tentang hakekat dan mekanisme di manajemen perencanaan dalam pemasaran di bank islam. Tujuan Penulisan Untuk mengetahui mekanisme manajemen perencanaan dalam pemasaran di bank islam. Penelitian ini merupakan kajian pustaka dengan pendekatan normative (normative approach). Untuk mencapai tujuan yang diinginkan, langkah awal yang dilakukan penulis adalah pengumpulan sumber-sumber primer dan skunder. Dalam pengumpulan data tersebut, penulis menggunakan metode observasi (Observation Method) dan metode documenter (documentary method). Setelah data terkumpul, penulis menganalisanya dengan menggunakan metode induktif (inductive method) untuk menemukan konsep manajemen perencanaan dalam pemasaran di bank islam. Selanjutnya dibantu metode deduktif (deductive method) untuk menarik suatu kesimpulan. Agar analisis yang disampaikan lebih mendalam, penulis melanjutkan analisisnya dengan menggunakan teknik analisis deskripsi isi (Descriptive Content Analysis Method) guna menemukan konsep yang jelas tentang manajemen perencanaan dalam pemasaran di bank islam. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa perencanaan dalam pemasaran di bank islam merupakan suatu proses dari sistem keseluruhan yang kegiatan-kegiatan usahanya ditujukan untuk merencananakan, menentukan harga, mempromosikan, dan mendistribusikan barang atau jasa dan untuk menetukan tujuan yang dapat memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial serta sasaran yang ingin dicapainya serta mengambil langkah-langkah strategis guna mercapai tujuan tersebut. Adapun mekanisme manajemen perencanaan dalam pemasaran di bank islam adalah menetapkan tujuan dan target bisnis, merumuskan strategi untuk mencapai tujuan dan target bisnis, menentukan sumber-sumber daya yang diperlukan, dan menetapkan standar keberhasilan dalam pencapaian tujuan dan target bisnis, sehingga dapat mempengaruhi wujud aktivitas, dan wujud karya. Jika nilai-nilai yang tertanam baik, maka semua aktivitas akan berjalan baik pula. Akhirnya, penulis menyadari bahwa pembahasan ini masih jauh dari kesempurnaan dan membutuhkan kajian yang lebih mendalam baik studi kasus maupun studi literatur. Meskipun demikian, besar harapan penulis semoga penelitian ini bermanfaat bagi penulis khususnya, para pembaca pada umumnya, serta bagi peneliti lain yang ingin mengembangkan pembahasan ini. Penulis hanya meminta kepada Allah untuk senantiasa memberikan jalan yang lurus dan meluruskan langkah kita dalam menerapkan syari'at-Nya, Amin.

Item Type: Thesis ( S1 Undergraduate )
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Syariah UNIDA Gontor > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Enjllina Vita
Date Deposited: 29 Oct 2024 06:07
Last Modified: 29 Oct 2024 06:07
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/3811

Statistics Downloads of this Document

Downloads per month in the last year

View more statistics

 View Item View Item