Thesis Published

‫المزيج‬ ‫استراتيجية‬ ‫في‬ ‫اإلسالمية‬ ‫التجارية‬ ‫العملية‬ ‫آداب‬ ‫تنفيذ‬ ‫التسويقي‬ ‫)‬ ‫سراغيىن‬ ‫زويا‬ ‫حانوت‬ ‫في‬ ‫حالة‬ ‫(دراسة‬

Dwi Sari, Latifah
Abstract
Dunia bisnis sudah dikenal sejak dulu kala, entah itu bisnis yang dilakukan merupakan bisnis kecil maupun bisnis besar. Di dalam Islam pun bisnis sudah dikenalkan sejak zaman Rasulullah. Dan Islam mengatur etika di dalam berbisnis termasuk penerapannya dalam pemasaran. Zoya adalah sebuah industri yang memproduksi dan memasarkan produk busana muslim yang strategi pemasarannya menggunakan marketing mix. Zoya memiliki merek terkenal yang sudah dikenal oleh banyak masyarakat dan banyak diminati konsumen dibandingkan dengan merek lain. Hal ini dikarenakan merek Zoya memiliki ciri khas tersendiri dan selalu memberikan kualitas barang terbaik untuk konsumennya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi etika bisnis Islam dalam strategi marketing mix pada Zoya Sragen. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di lapangan guna mendapatkan data yang menggunakan sumber data primer melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, dan untuk mendukung penelitian ini digunakan pula data sekunder yang diambil dari buku-buku dan sumber lainnya yang berkaitan dengan implementasi etika bisnis Islam dalam strategi pemasaran di Toko Zoya Sragen. Hasil penelitian yang dilakukan adalah implementasi etika bisnis Islam dalam setiap strategi marketing mix yang digunakan Toko Zoya Sragen sudah cukup baik, yaitu terdapat segi kesatuan, keseimbangan, kehendak bebas, tanggungjawab dan kebajikan dan kejujuran (ihsan). Namun dalam strategi promosi yang digunakan Toko Zoya Sragen ini masih belum memenuhi ketentuan etika bisnis Islam, yaitu dengan menggunakan foto model di setiap promosi yang dilakukan.
Publication Details
Actions
Permalink
Statistics

Statistics Downloads of this Document

Downloads per month in the last year

View more statistics

Export Citation