Thesis
Published
المزيج استراتيجية في اإلسالمية التجارية العملية آداب تنفيذ التسويقي ) سراغيىن زويا حانوت في حالة (دراسة
Abstract
Dunia bisnis sudah dikenal sejak dulu kala, entah itu bisnis yang dilakukan
merupakan bisnis kecil maupun bisnis besar. Di dalam Islam pun bisnis sudah
dikenalkan sejak zaman Rasulullah. Dan Islam mengatur etika di dalam berbisnis
termasuk penerapannya dalam pemasaran. Zoya adalah sebuah industri yang
memproduksi dan memasarkan produk busana muslim yang strategi
pemasarannya menggunakan marketing mix. Zoya memiliki merek terkenal yang
sudah dikenal oleh banyak masyarakat dan banyak diminati konsumen
dibandingkan dengan merek lain. Hal ini dikarenakan merek Zoya memiliki ciri
khas tersendiri dan selalu memberikan kualitas barang terbaik untuk konsumennya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi etika
bisnis Islam dalam strategi marketing mix pada Zoya Sragen.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini
dilakukan di lapangan guna mendapatkan data yang menggunakan sumber data
primer melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, dan untuk mendukung
penelitian ini digunakan pula data sekunder yang diambil dari buku-buku dan
sumber lainnya yang berkaitan dengan implementasi etika bisnis Islam dalam
strategi pemasaran di Toko Zoya Sragen.
Hasil penelitian yang dilakukan adalah implementasi etika bisnis Islam
dalam setiap strategi marketing mix yang digunakan Toko Zoya Sragen sudah
cukup baik, yaitu terdapat segi kesatuan, keseimbangan, kehendak bebas,
tanggungjawab dan kebajikan dan kejujuran (ihsan). Namun dalam strategi
promosi yang digunakan Toko Zoya Sragen ini masih belum memenuhi ketentuan
etika bisnis Islam, yaitu dengan menggunakan foto model di setiap promosi yang
dilakukan.
Publication Details
InstitutionUniversitas Darussalam Gontor
DepartmentFakultas Ekonomi Dan Manajemen
SubjectsH Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HG Finance
Item ID384
Deposited02 Nov 2020 13:35