Sutopo, Heri (2013) أثر استحقاق شهادة حلال في رغبة المستهلكين في شراء المنتجات دراسة حالة في شركة Mirasa Food " في مدينة ما جيلانج سنة ٢٠٠٧-٢٠١٢). S1 Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.
FILE TEXT (Heri Sutopo - HES -2013)
Heri Sutopo - HES - 2013.pdf - Published Version Exclusive to Registered users only License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
Banyaknya produk yang terjual bebas dipasaran akhir-akhir ini, ternyata tidak semua mempunyai label halal dan meresahkan masyarakat muslim karena banyaknya isu yang mengandung minyak babi (barang yang diharamkan). Label halal sangat dibutuhkan bagi konsumen muslim yang berada di negara Indonesia khususnya dan bagi negara muslim lain yang ada di seluruh dunia. Umat muslim mempunyai kebutuhan khusus sesuai syari'at Islam untuk memakan makanan yang halal dan thayyib tetapi hal tersebut tidak semudah zaman dulu yang belum ada perkembangan teknologi canggih, oleh karena itu untuk memudahkan memakan makanan yang halal dengan mengetahui adanya label halal pada kemasan produk tersebut. Adalah bagian dari tanggung jawab perusahaan kepada konsumen muslim. Di Indonesia, untuk memberikan keyakinan kepada konsumen bahwa produk yang dikonsumsi adalah halal, maka perusahaan perlu memiliki Sertifikat Halal MUI. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap tentang produksi halal dalam perpektif produsen dan pengaruh kepemilikan sertifikat halal terhadap minat beli konsumen pada produk "Mirasa Food Industry" Untuk mencapai tujuan diatas, peneliti menggunakan penelitian lapangan dengan jenis penelitian kualitatif dekskriptif. Dan untuk mengetahui dan mendapatkan gambaran umum serta data-data tentang perusahaan yang diteliti peneliti mengadakan observasi dan studi dokumentasi serta mengadakan wawancara (interview). Dengan menggunakan metode deduktif, peneliti berusaha memaparkan secara umum tentang teori, mekanismenya dan produk-produknya serta sertifikat halalnya. Dengan menggunakan metode induktif peneliti berusaha untuk menerangkan mekanisme pengelolaan produksi di Perusahaan "Mirasa Food Industry" Magelang. Dan dengan menggunakan metode analisis kritis, peneliti berusaha menganalisis tentang bagaimanakah pengetahuan produsen tentang produksi halal dan bagaimana pengaruh kepemilikan sertifikasi halal terhadap minat beli konsumen pada produk "Mirasa Food Industry". Hasil Penelitian menunjukkan pemahaman produsen sesuai dengan ketentuan produksi halal dan pengaruh kepemilikan sertifikat halal dan label halal pada perusahaan "Mirasa Food" terhadap minat beli direspon positif oleh konsumen Berdasarkan hasil penelitian diatas, peneliti memberikan saran kepada produsen "Mirasa Food Industry" agar istiqamah dalam mengembangkan produk halalnya dan selalu berupaya untuk meningkatkan produksinya. Hasil ini semua masih jauh dari kesempurnaan dan banyak kekurangan. Maka diharapkan kepada pembaca dan peneliti selanjutnya dapat menyempurnakan dan mendalam.
Item Type: | Thesis ( S1 Undergraduate ) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Syariah UNIDA Gontor > Hukum Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Nur Insani |
Date Deposited: | 30 Oct 2024 03:39 |
Last Modified: | 30 Oct 2024 03:39 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/3880 |
Statistics Downloads of this Document
View Item |