Muriawati, Niken Tri Prasetyo (2008) تنفيذ استراتجية تقليل خسائر التمويل في البنك دراسة حالة في بنك التمويل الاجتماعي الإسلامي يومي رنجاني باتو مالانج سنة ٢٠٠٧). S1 Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.
FILE TEXT (Hj. Niken Tri Prasetyo Muriawati - HES - 2008)
Hj. Niken Tri Prasetyo Muriawati - HES - 2008.pdf Exclusive to Registered users only License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (9MB) |
Abstract
Sudah sekian lama umat muslim dilndonesia khususnya dan muslim dunia umumnya menginginkan sistem ekonomi yang sesuai dengan nilai dan prinsip Islam, sebagai wujud dari pelaksanan syariat Islam dalam segala aspek kehidupannya. mudharabah adalah akad (transaksi) antara dua pihak. Salah satu pihak menyerahkan harta (modal) kepada yang lain agar diperdagangkan, dengan pembagian keuntungan di antara keduanya sesuai dengan kesepakatan. Sehingga mudharabah adalah bentuk kerja sama antara dua pihak atau lebih. Dalam hal ini, pemilik modal (shahib al mal atau investor) mempercayakan sejumlah modal kepada pengelola (mudharib) dengan suatu perjanjian pembagian Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi minimalisasi kerugian pembiayaan mudharabah di BPR Syari'ah Bumi Rinjani Batu Malang, dan bagaimana pelaksanaan strategi minimaliasasi kerugian pembiayaan pada BPR Syariah Bumi Rinjani Batu Malang tahun 2007. Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif eksploratif dengan menggunakan pendekatan Phenomenological Approach. Untuk mengetahui dan mendapat gambaran umum serta data-data tentang lembaga yang diteliti, penulis mengadakan observasi, dokumentasi serta wawancara, dan dengan menggunakan metode deduktif penulis menganalisa masalah-masalah yang ada selama penelitian yang disesuaikan dengan teori yang ada dalam buku-buku atau makalah-makalah. Metode induktif, penulis mengambil kesimpulan dari pelaksanaan strategi minimalisasi kerugian pembiayaan mudharabah di BPR Syari'ah Bumi Rinjani Batu Malang, dan dengan menggunakan metode Analisis Kritik penulis menganalisa Praktek strategi minimalisasi kerugian pembiayaan mudharabah di BPR Syari'ah Bumi Rinjani Batu Malang. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa strategi minimaliasi kerugian pembiayaan di BPR Syariah Bumi Rinjani Batu Malang adalah strategi penghimpunan dana, strategi memelihara nasabah dan strategi penyaluran dana. Dan pelaksanaananya sangat dipengaruhi oleh perkembangan kemampuannya menghimpun dana masyarakat, dengan masa pengedepan yang memadai. Sebagai lembaga keuangan, maka dana merupakan masalah bank yang paling utama. Tanpa dana yang cukup bank tidak dapat berbuat apa2 atau bank tidak berfungsi sama sekali. Produk-produk penghimpun dana: tabungan: tabungan Syariah Rinjani, Tabungan pendidikan, Tabungan Fitri, Tabungan Qurban. Deposito (1 bulan, 3 bulan, 6 bulan dan 12 bulan). Semua jenis produk-produk penghimpunan Dana dengan menggunakan system bagi hasil revenue sharing. Dalam menjaga hubungan dengan nasabah, bank melakukan strategi: selalu berusaha meningkatkan pelayanan (service exelent), memberikan kartu ucapan pada peristiwa penting yang dialami oleh nasabah, Mengundang nasabah apabila bank mengadakan suatu acara social atau keagamaan, Selalu membina tali silaturrahmi dengan baik kepada nasabah. Dalam penyaluran dana, BPR Syariah Bumi Rinjani Batu adalah penyediaan dana, dan atau barang serta fasilitas lainnya kepada nasabah yang tidak betentangan dengan konsep syariah islam yang berlaku.dalam bentuk: Piutang Murabahah, Pembiayaan Mudharabah, Pembiayaan Musyarakah. Dan pelakasanaan dalam prosespenyaiuran dana, yang pelaksanaannya dari sebelum pembiayaan selesainya kewajiban nasabah terhadap bank, yakni: Inisiasi, dengan beberapa ketentuan pengumpulan informasi (jenis nasabah, Teknil mencari informasi), Ta'aruf atau wawancara (Cakupan dalam wawancara, Kelengkapan data pemohon, Kejelasan data pendukung, Pemeriksan kembali kbenaran dan konsistensi data pemohon), Penentuan calon nasabah potensial (Tidak membandingkan (strictly)dengan nasabah lain, Kualitas tidak dibawah rata-rata). Sosilitasi: dasar pelaksanaan (mengetahui tentang kondisi perusahaan, membicarakan hal khusus yang menjadi perhatian), langkah-langkah solitisasi atau meminta informasi. Pelaporan untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan nasabah dalam usahanya. pelunasan adalah selesainya kewajiban nasabah terhadap bank, pelunasan tersebut akan berdampak kepada dokumen-dokumen penting yang diserahkan nasabah kepada bank, yang nasabah berhak untuk meminta kembali kepada bank, jaminan akan diberikan apabila kewajiban dan keadministrasian sudah diselesaikan dengan bank Demikianlah kesimpulan yang dikaji oleh penulis setelah melakukan pembahasan, tetapi penelitian ini masih jauh dari kesempurnaan, dan penulis berharap kepada peneliti yang bermaksud mengembangkan penelitian ini agar supaya lebih detail dan mendalam dan hanya kepada Allah memohon petunjuk.
Item Type: | Thesis ( S1 Undergraduate ) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Syariah UNIDA Gontor > Hukum Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Nur Insani |
Date Deposited: | 30 Oct 2024 04:27 |
Last Modified: | 30 Oct 2024 04:27 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/3899 |
Statistics Downloads of this Document
View Item |