Rustandi, Ahmad Deni (2002) CONSUMER'S PERCEPTION ABOUT ISLAMIC BUSINESS ETHICS AND IT'S INFLUENCE TOWARD LEVEL OF PURCHASE PREFERENCE (Case study at Bookstore and Stationery "LA-TANSA" Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo) On Academic Year: 1423/2002. S1 Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.
FILE TEXT (Ahmad Deni Rustandi - HES - 2002)
Ahmad Deni Rustandi - HES - 2002.pdf - Published Version Exclusive to Registered users only License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (15MB) |
Abstract
Toko Buku & alat-alat tulis LATANSA Pondok Modern Darussalam Gontor adalah sebuah perusahaan dagang yang strategi pemasarannya berorientasi pada kepuasan konsumen yang berbelanja. Namun strategi yang dilakukan oleh Toko tersebut berbeda dengan perusahaan-perusahaan pada umumnya, yaitu memiliki ciri khas yang ditandai dengan nilai-nilai Islami, strategi pemasaran tersebut dititikberatkan pada "Etika Bisnis Islami" mengingat konsumen yang berbelanja adalah orang-orang Islam dengan harapan agar mereka menemukan tempat tempat berbelanja yang cocok dan mendapatkan kepuasan sehingga pada diri konsumen timbul rasa lebih menyukai (preferensi) belanja di tempat itu. Tetapi harapan tersebut tidak selalu dapat tercapai, karena ada beberapa faktor yang menghambat, salah satu perbedaan tersebut adalah adanya perbedaan persepsi konsumen yang berbelanja pada Toko tersebut tentang etika bisnis Islami yang dijalankan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui etika bisnis yang dilakukan oleh Toko Buku & alat-alat Tulis LA-TANSA, persepsi konsumen terhadap pengamalan etika bisis Islami di toko tersebut, dan hubungan antara persepsi konsumen terhadap etika bisnis Islami dan pengaruhnya terhadap tingkat preferensi berbelanja di toko tersebut. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, angket dan dokumentasi. Sedangkan data persepsi konsumen dan tingkat preferensi berbelanja dianalisa melaui tekhnik komparasi produk moment dengan taraf signifikansi 5%. Subjek penelitian ini adalah konsumen yang berbelanja di toko tersebut pada bulan juni 2002, sample diambil secara langsung atau siapa saja yang ketemu dengan penulis dan cocok untuk menjadi sumber data, dalam hal ini penulis mengambil sebanyak 100 respondent yang mendjadi sample. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pengamalan etika bisnis Islami pada toko Buku & alat-alat tulis LA-TANSA PMDG dapat dirasakan dan dilihat pada kondisi yang Islami, pelayanan yang baik, pengambilan keuntungan dengan ajaran Islam dan pembinaan staf/karyawan yang rutin dengan tausiah agar beretika Islam. (2) Berdasarkan perhitungan indeks persepsi konsumen terhadap pengamalan etika bisnis Islami di toko tersebut adalah baik (3) Tidak ada hubungan yang signifikan antara persepsi konsumen terhadapa etika bisnis Islami dan pengaruhnya terhadap tingkat preferensi berbelanja. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan: (1) agar terus mempertahankan dan meningkatkan lebih sempurna lagi mengenai pengamalan etika bisnis Islami untuk memberikan pelayanan yang lebih baik lagi sehingga konsumen memperoleh kepuasan dan selanjutnya diharapkan dapat meningkatkan tingkat preferensi berbelanja. (2) agar kelengkapan barang dan fasilitas lebih memadai lagi sehingga persepsi konsumen yang cukup baik dapat dipertahankan dan mampu memberikan kontribusi yang meningkat dan agar memperhatikan yang lebih lagi terhadap langkah- langkah dan strategi-strategi yang dapat meningkatkan tingkat preferensi berbelanja.
Item Type: | Thesis ( S1 Undergraduate ) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Syariah UNIDA Gontor > Hukum Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Enjllina Vita |
Date Deposited: | 30 Oct 2024 04:19 |
Last Modified: | 30 Oct 2024 04:19 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/3900 |
Statistics Downloads of this Document
View Item |