El-Amyr, Ibnu Rusydi (2014) تحليل العوامل المؤثرة لمنتج زي المسلم دراسة تحليلية في مجتمع المينانجكاباويين بسوق Tanah Abang سنة ٢٠١٤). S1 Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.
FILE TEXT (Ibnu Rusydi El-Amyr - HES - 2014)
Ibnu Rusydi El-Amyr - HES - 2014.pdf - Published Version Exclusive to Registered users only License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (83MB) |
Abstract
Masyarakat Minangkabau adalah masyarakat yang gemar merantau dari kampung halaman mereka ke daerah yang lain, baik luar kota, provinsi, maupun luar pulau. Tujuan mereka merantau tidak lain adalah karena ingin mencari rezki dan mengadu nasib di adaerah rantauan, dengan segala upaya dan bentuk kerjaan. Jakarta adalah salah satu tempat favorit orang minangkabau untuk mengadu nasib, di kota ini mereka bekerja dengan berbagai macam bentuk kerjaan hanya untuk mencari rezki, salah satunya sebagai produsen dan penjual busana muslim di pasar Tanah Abang. Pasar Tanah Abang adalah pasar grosir terbesar di Indonesia, bahkan terbesar se-Asia Tenggara. Di pasar ini mayoritas pedagangnya berasal dari daerah Sumatera Barat, mereka berdagang dengan berbagai bentuk barang dagangan, salah satunya adalah sebagai produsen dan penjual busana muslim. Dengan permasalahan diatas, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa sajakah yang mendorong masyarakat minangkabau untuk memproduksi busana muslim di pasar tanah abang. Dan juga untuk mengetahui faktor manakah yang paling berpengaruh. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat minangkabau yang memproduksi busana muslim di pasar tanah abang. Metode pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Snowball Sampling dengan sampel sebanyak 100 responden. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Metode Induktif, Deduktif dan Analisis Faktor dengan program SPSS19 sebagai alat analisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya faktor-faktor yang mempengaruhi masyarakat minangkabau untuk memproduksi busana muslim terdiri dari 5 faktor, yaitu faktor manajemen bisnis, konsep bisnis, karyawan, lokasi bisnis, dan efisiensi bisnis. Sedangkan faktor yang paling berpengaruh adalah faktor manajemen bisnis, karena faktor ini memiliki nilai eigenvalue tertinggi yaitu 7,167. Dari hasil penelitian ini penulis menyarankan kepada setiap produsen untuk mengatur manajemen barang dagang yang bermanfaat yang sesuai syariat Islam serta jauh dari bahaya dan kemaksiatan.
Item Type: | Thesis ( S1 Undergraduate ) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Syariah UNIDA Gontor > Hukum Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Nur Insani |
Date Deposited: | 31 Oct 2024 02:17 |
Last Modified: | 31 Oct 2024 02:17 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/3916 |
Statistics Downloads of this Document
View Item |