Mustain, Ahmad (2012) أثر الإعلان في رفع حجم المبيعات دراسة حالة في محل أمرنا التجارى فونوركو سنة ٢٠١٢/١٤٣٣). S1 Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.
FILE TEXT (Ahmad Mustain - HES - 2012)
Ahmad Mustain - HES - 2012.pdf - Published Version Exclusive to Registered users only License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) |
Abstract
Manusia demi memenuhi kebutuhan hidupnya akan berusaha untuk dapat mendapatkan pekerjaan, dan pekerjaan itu pun beragam jenis dan bentuknya. Diantara berbagai jenis dan bentuk usaha yang dilakukan manusia adalah berdagang. Berdagang seperti yang disebutkan dalam hadits nabi merupakan salah satu mata pencaharian yang paling baik, apabila tidak disertai dengan unsur-unsur yang tercela. Toko AMARTA adalah salah satu toko pakaian muslim terbesar di ponorogo Jawa Timur yang menjual pakaian-pakain Muslim dan muslimat berawal dari sebuah toko sepatu, dibangun demi mencapai kemandiriannya dalam segi finansial selain juga sebagai sarana dakwah Islamiyah melalui bidang ekonomi. Sebagaimana layaknya satu unit usaha maka Toko AMARTA juga berusaha agar bisa memaksimalkan usahanya. Untuk ini usaha yang dilakukan diantaranya adalah dengan mengadakan iklan di radio untuk meningkatkan volume penjualannya. Iklan merupakan salah satu bentuk usaha pemasaran untuk mengenalkan suatu produk tertentu dari suatu pabrik atau unit usaha kepada masyarakat agar supaya dikenal, dengan harapan masyarakat akan banyak mengkonsumsinya atau banyak. yang berbelanja ke tempat unit usaha tersebut. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah iklan yang selama ini telah dilakukan oleh toko AMARTA mempunyai pengaruh terhadap volume penjualannya atau tidak, dan jikalu ada sampai sejauh mana pengaruhnya. Untuk mencapai tujuan tersebut diatas maka penulis mengadakan penelitian lapangan (kuantitatif) dengan pendekatan study kasus (a case study), yaitu study eksploratif analitis yang cermat dan intensif terhadap toko AMARTA Ponorogo Jawa Timur, dan untuk mendapatkan data yang berkaitan dengan kegiatan iklan yang dilakukan oleh toko AMARTA maka penulis menggunakan metode observasi dan questionnaire dengan mengambil sample20% dari pelanggan Toko AMARTA sebanyak 80 orang. Untuk mendapatkan data tentang toko AMARTA yang berkenaan dengan kegiatan iklannya, volume penjualannya maka penulis menggunakan metode documentasi, sedangkan analisisnya menggunakan metide deductive dan induktif metode. Kemudian dalam penghitungan dan pembuktian hipotesanya maka digunakan metode Korelasi Produk Momen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan belum memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan volume penjualan. Dalam pembuktian hipotesis yang diajukan didapatkan nilai "t"tabel sebesar 0.217 dengan tingkat signifikansi 5% dan derajat kebebasan 78, dan "t" hitungnya adalah -0,44yang berarti ini lebih kecil dari "t"tabel -nya maka Ho yang menyatakan "tidak ada hubungan yang signifikan antara iklan dan peningkatan volume penjualan di Toko AMARTA" diterima. Inilah bahasan sederhana yang dituangkan dalam sebuah penelitian lapangan dimana masih dirasa banyak kekurangan. Penulis berharap semoga setelah ini timbul minat dari penulis selanjutnya yang lebih kuat dan mampu untuk memecahkan berbagai kekurangan yang ada dalam bahasan ini. Akhirnya semoga Allah senantiasa melimpahkan rahmatNya kepada segenap hambanya yang selalu berusaha mendapatkan yang halal untuk dirinya dan keluarganya, amin.
Item Type: | Thesis ( S1 Undergraduate ) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Syariah UNIDA Gontor > Hukum Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Enjllina Vita |
Date Deposited: | 31 Oct 2024 02:52 |
Last Modified: | 31 Oct 2024 02:52 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/3939 |
Statistics Downloads of this Document
View Item |