Shidqi, Ahmad (2006) دور إدارة الوقف في ترقية التربية الإسلامية ) دراسة حالة بمعهد الإيمان الإسلامي للبنين سنة ٢٠٠٦ ). S1 Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.
FILE TEXT (Ahmad Shidqi - PM - 2006)
Ahmad Shidqi - PM - 2006.pdf - Published Version Exclusive to Registered users only License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (82MB) |
Abstract
Wakaf adalah salah satu bentuk Ibadah yang disunnahkan dalam agama Islam. Hal ini mengandung hikmah yang sangat besar karena disamping Unsur Ibadah yang menjadi tujuan utamanya, juga terdapat unsure ta'awun anatar sesame. Pemanfaatan harta wakaf tersebut telah mencakup bidang yang luas diantaranya ialah bidang pendidikan yang mana banyak pondok pondok pesantren dan sekolah islam yang berdiri dan dikelola dengan harta wakaf. Pondok Pesantren Al Iman Putra adalah salah satu pondok pesantren yang ada dijawa timur. Yang mana pondok ini berdiri atas harta wakaf. Setelah melakukan pengamatan peneliti mendapatkan bahwa pendidikan islam di pondok ini berkembang sangat pesat hal itu nampak pada keadaan siswa dan Suasana akademik yang mendukung, kemudian adanya beberapa prestasi yang diraih oleh para siwa diantaranya ialah beberapa siswa mendapatkan Beasiswa untuk melanjutkan studinya di Universitas Al Azhar di Kairp Mesir, Menjadi Duta dalam pertukaran pelajar antara Indonesia dan Inggris, dan alumnus pondok ini mendirikan pondok pondok setelah selesai masa belajrnya., hal inilah yang mendorong peneliti untuk mendapatkan gambaran yang nyata tentang strategi pengelolaan wakaf, dan apa peranan pengelolaan wakaf terhadap kemajuan pendidikan Islam dan sejauh manakah pengaruhnya terhadap kemajuan pendidikan Islam disana. Penelitian ini adalah penelitian Deskriptif Exploratif. Dengan metodologi pendekatan fenomenoloi sosiologi Untuk mendapatkan data tentang pengaruh pengelolaan harta wakaf terhadap kemajuan pendidikan di Pondok tersebut peneliti menggunakan metode angket atau questioner. Sedangkan untuk mendapatkan data tentang pondok pesantren al Iman peneliti menggunakan metode dokumentasi dan wawancara terpimpin. Setelah data terkumpul kemudian dianalisa dengan cara berfikir Induktiaf dan deduktif yang kemudian dianalisis dengan statistic mode. dan rumus yang digunakan adalah prosentasi yang merupakan perbandingan suatu kategori dengan frekwensi objek seluruh kategori dan kalikan dengan ۱۰۰%. Populasi dalam penelitian ini adalah santri pondok pesantren Al Iman putra sedangkan samplenya ۲۰ % dari total seluruh populasi ( ٢٥% x ٣٥ = ) ١٤٠ Orang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan harta wakaf di pondok pesantren Al Iman mencakup beberapa bidang, yaitu bidang pendidikan, ekonomi, kemasyarakatan. Dari situ nampak bahwa Peranan Pengelolaan Harta wakaf di dalam peningkatan Pendidikan Islam Pondok pesantren Al Iman adalah Siqnifikan (۸۳,۳۲۷ %). Dari (1% - 10% Tidak Siqnifikan, ۱۱۰% Kurang Siqnifikan, ۵۱۱۰۰ = Siqnifikan) Demikianlah hasil penelitian ini peneleliti menyarankan kepada pengasuh dan pengelola wakaf Pondok Al Iman untuk lebih memaksimalkan pengelolaan wakafnya sehingga mendatangkan manfaat. yang banyak. Demikianlah penelitian ini disusun semoga dapat memberikan kontribusi dalam peningkatan pendidikan di Pondok Al-Iman Putra.
Item Type: | Thesis ( S1 Undergraduate ) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Syariah UNIDA Gontor > Perbandingan Mazhab dan Hukum |
Depositing User: | Enjllina Vita |
Date Deposited: | 31 Oct 2024 03:07 |
Last Modified: | 31 Oct 2024 03:07 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/3948 |
Statistics Downloads of this Document
View Item |