Search for collections on UNIDA Gontor Repository

أثر موقع التسويق والسعر في الاقبال على التسوق دراسة حالة في دكان "أماني" سراكين سنة ٢٠١٤)

Majidah, Inas (2014) أثر موقع التسويق والسعر في الاقبال على التسوق دراسة حالة في دكان "أماني" سراكين سنة ٢٠١٤). S1 Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.

[img] FILE TEXT (Inas Majidah - HES - 2014)
Inas Majidah - HES - 2014.pdf - Published Version
Exclusive to Registered users only
License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB)

Abstract

Bertambahnya jumlah pasar, swalayan dan toko-toko di Kota Sragen, hingga kurang lebih mencapai 4.100, menyebabkan persaingan semakin ketat, mengakibatkan para pengusaha mencari strategi yang tepat untuk memasarkan produknya. Minat beli diperoleh dari suatu proses belajar dan proses pemikiran yang membentuk suatu persepsi. Minat pembelian ini menciptakan suatu motivasi dan keinginan yang kuat dan pada akhirnya seorang pembeli harus merealisasikan kebutuhannya. Di Kota Sragen banyak toko yang mengembangkan bisnis kerudung dan semua bersaing demi memperoleh kepercayaan dari konsumen bahwa produk yang mereka tawarkan adalah yang terbaik. Adapun beberapa hal yang menjadi pertimbangan konsumen membeli produk kerudung adalah lokasi toko dan harga dari pada produk itu, karena lokasi yang strategis akan menarik minat konsumen dalam berbelanja, begitupula harga yang sesuai dengan merk dan kualitasnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pemasaran yang diterapkan di Toko "Amani" Sragen, dan seberapa besar pengaruh lokasi dan harga terhadap keputusan konsumen berbelanja. Ternyata bukan dari variabel inilah yang paling menentukan para pembeli, namun kepercayaan masyarakat atas produk yang dijiual di toko inilah yang berpengaruh positif terhadap konsumen. Setelah dilakukan tinjauan pustaka dan penyusunan hipotesis, diperoleh data dari penyebaran kuesioner 80 konsumen Toko "Amani" Sragen, dengan metode Random Sampling, kemudian dilakukan analisis data yang telah diperoleh secara kuantitatif dan kualitatif. Analisis kuantitatif meliputi uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis melalui uji t dan uji f, serta analisis koefisien determinasi (R²). Analisis kualitatif merupakan interpretasi dari data-data yang diperoleh serta hasil pengolahan data dengan keterangan dan penjelasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa koefisien determinasi Adjusted R Square = 0,474 yang berarti bahwa besarnya pengaruh lokasi dan harga terhadap keputusan pembelian sebesar 47,4%, dan sisanya 52,6% adalah variabel atau faktor lain diluar penelitian ini. Hasil analisis data diperoleh bahwa fhitung 36,634 > fabel 3,96. Hasil analisis t hitung lokasi = 6,228 dan harga 3,079 keduanya lebih besar dari pada teabet yaitu 1,66 dengan probabilitas 0,000 < 0,05 kesimpulan dari hasil analisis diatas menunjukkan bahwa secara simultan atau bersama-sama variabel dari penelitian ini berpengaruh positif dan signifikan, dimana lokasi memiliki pengaruh lebih besar dari pada harga. Bahasan sederhana ini dalam sebuah penelitian lapangan, masih banyak kekurangan karena masih banyak faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi keputusan konsumen dalam pembelian suatu produk.

Item Type: Thesis ( S1 Undergraduate )
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Syariah UNIDA Gontor > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Nur Insani
Date Deposited: 31 Oct 2024 03:48
Last Modified: 31 Oct 2024 03:48
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/3978

Statistics Downloads of this Document

Downloads per month in the last year

View more statistics

 View Item View Item