Herliyono, Angga (2013) THE CORRELATION OF CONSUMER BEHAVIOR AND MONEY SAVING (Case Study Students of Gontor 6, Islamic Modern Boarding School on 2013M). S1 Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.
FILE TEXT (Angga Herliyono - HES - 2013)
Angga Herliyono - HES - 2013.pdf - Published Version Exclusive to Registered users only License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
Islam mengatur bagaimana manusia dapat melakukan kegiatan-kegiatan konsumsi yang membawa manusia berguna bagi kemaslahatan hidupnya. Pondok Modern Gontor 6 telah mengajarkan dan menanampan kepada diri setiap santrinya untuk sederhana, hemat, dan tidak berlebih-lebihan israf. Santri Pondok Modern Gontor 6 yang memiliki banyak kegiatan dan tanggung jawab yang besar dalam menjalankan segala organisasi yang ada di Pondok. Dalam menjalakan kegiatan dan tanggung jawab tersebut mereka membutuhkan konsumsi yang cukup agar kegiatan dan tanggung jawabnya berjalan dengan tepat dan teliti. Tetapi sangat disayangkan karena sebagian dari mereka tidak mampu untuk membayarkan kewajiban mereka terhadap pondok, karena uang mereka dipakai untuk memenuhi kebutuhan konsumsinya. Tetapi ada sebagian dari mereka yang kebutuhan konsumsinya meningkat, tetapi mereka mampu membayarkan kewajiban mereka terhadap pondok dan mampu untuk menghemat uangnya setelah mencukupi kebutuhan konsumsinya. Dari hal inilah penulis tertarik untuk mengetahui bagaimanakah perilaku konsumen (santri) Pondok Modern Gontor 6. Serta sejauh manakah perilaku konsumen (santri) Pondok Modern Gontor 6 terhadap penghematan uangnya. Dari sinilah penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku konsumen (santri) Pondok Modern Gontor 6 dan mengetahui sejauh mana hubungan perilaku konsumen (santri) Pondok Modern Gontor 6 terhadap penghematan uang mereka? Jenis penelitian yang akan dilaksanakan adalah penelitian lapangan, Dan penelitian ini bersifat deskriptif. Dalam penelitian ini metode deskriptif digunakan untuk menggambarkan dan menjelaskan variable independen yaitu perilaku konsumen muslim dalam kesehariannya dengan variable dependen yaitu penghematan uang. Pengumpulan data dilakukan dengan interview dan angket. Sedangkan teknik analisa yang digunakan penulis adalah dengan cara berpikir induktif dan dedeuktif yang kemudian dianalisa dengan tehnik Korelasi Product Moment dengan taraf signifikansi 1%. Sedangkan objek penelitiannya adalah santri- santri Pondok Modern Gontor 6, Darul Qiyam Magelang tahun ajaran 1434 H/ 2013 M yang berjumlah 1444 santri, dan santri yang akan diambil sampel sebanyak 100 siswa dari kelas 1 sampai kelas 6. Dari hasil penelitian diatas, dapat dilihat bahwa nilai r yang diperoleh adalah 0,292, atas dasar taraf signifikansi yang digunakan yaitu 1% dalam tabel r akan kita temukan bilangan 0,256. Dan bilangan ini menunjukkan batas signifikansi, oleh karena nilai r yang diperoleh dalam penelitian ini adalah 0,292 berada jauh diatas batas signifikansinya yaitu 0,256, maka nilai r yang diperoleh itu bisa dikatakan signifikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa variable x memiliki korelasi dengan variabel y atau bisa dikatakan perilaku konsumen berkaitan atau mempunyai hubungan dengan menghemat uang. Dengan penelitian yang jauh dari sempurna ini, diharapkan adanya penelitian yang lebih mendalam tentang konsumsi khusunya perilaku konsumen, dan semoga dengan adanya penelitian ini dapat membantu staff pengasuhan santri dan wali kelas agar dapat mengarahkan santri-santrinya untuk berkonsumsi sesuai apa yang diajarkan oleh Islam.
Item Type: | Thesis ( S1 Undergraduate ) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Syariah UNIDA Gontor > Hukum Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Enjllina Vita |
Date Deposited: | 31 Oct 2024 06:50 |
Last Modified: | 31 Oct 2024 06:50 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/4013 |
Statistics Downloads of this Document
View Item |