Search for collections on UNIDA Gontor Repository

INTRINSIC AND EXTRINSIC MOTIVATION IN LEARNING ACTIVITY OF STUDENT CLASS 3 INTENSIVE AND 4 ISLAMIC TEACHERS TRAINING COLLEGE DARUSSALAM MODERN ISLAMIC BOARDING SCHOOL GONTOR I PONOROGO YEAR 2005/1426 (A COMPARATIVE STUDY)

Joni, Joni (2005) INTRINSIC AND EXTRINSIC MOTIVATION IN LEARNING ACTIVITY OF STUDENT CLASS 3 INTENSIVE AND 4 ISLAMIC TEACHERS TRAINING COLLEGE DARUSSALAM MODERN ISLAMIC BOARDING SCHOOL GONTOR I PONOROGO YEAR 2005/1426 (A COMPARATIVE STUDY). S1 Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.

[img] FILE TEXT (Joni - HES - 2005)
Joni - HES - 2005.pdf - Published Version
Exclusive to Registered users only
License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (96MB)

Abstract

Sebenarnya motivasi bukanlah satu-satunya faktor psikologis yang berpengaruh dalam keberhasilan seorang siswa karena selain motivasi masih ada faktor lainnya yang berpengaruh dan berperan serta dalam keberhasilan siswa di antaranya adalah minat, kecerdasan, bakat serta aspek kognitif; akan tetapi diantara itu semua faktor motivasilah yang pada umumnya dianggap paling dominan dalam mempengaruhi keberhasilan seorang siswa karena motivasi berperan sebagai pendorong, penggerak serta pengarah siswa kepada perbuatan nyata yaitu belajar. Pondok adalah sebuah lembaga pendidikan Islam yang bersistem asrama yang menjadikan mesjid sebagai pusat kegiatan dan kiyai sebagai sentral figur. Di lingkungan pondok inilah siswa bertempat di asrama yang sama dan makan makanan yang sama serta mengikuti sistem pendidkan dan pengajaran yang sama, tidak terkecuali bagi siswa kelas 3 intensif dan kelas 4 yang sama-sama bersaing untuk dapat duduk di kelas lima. Inilah yang telah menarik penulis untuk melakukan penelitian lebih dalam dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana motivasi belajar mereka, motivasi apakah yang lebih dominan pada pembelajaran siswa kelas 3 intensif dan 4? Adakah persamaan dan perbedaan antara motivasi belajar mereka? Dengan informasi tentang motivasi itu diharapkan wali kelas, guru pengajar, dan mereka yang berkecimpung langsung dalam pembinaan siswa mampu memberikan bimbingan dan konseling serta problem solving yang sesuai dengan kebutuhkan siswa. Untuk mendapatkan data-data dalam penelitian ini penulis menggunakan metode angket, observasi, dokumentasi serta sedikit interview sedangkan untuk pengolahan data penulis menggunakan rumus teknik "Chi Square" adapun populasi obyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 3 intensif dan kelas 4 Kulliatul-Mu'allimin Al-Islamiyah Pondok Modern Darussalam Gontor 1 Tahun Ajaran 2005/1426 yang berjumlah 431 siswa kelas 3 intensif dan 3 93 dari siswa kelas 4 akan tetapi penulis hanya mengambil 20% saja dari jumlah populasi yang ada sebagai random sampling artinya 84 siswa dari kelas 3 intensif dan 77 siswa dari kelas 4 Setelah mengadakan penelitian penulis menarik beberapa kesimpulan: motivasi yang dominan pada aktifitas pembelajaran siswa kelas 3 intensif KMI Pondok Modern Darussalam Gontor I Ponorogo tahun 2005/1426 adalah motivasi intrinsik 79,76% sementara motivasi ekstrinsik hanya 67,86%, dan yang dominan pada aktifitas pembelajaran kelas 4 KMI adalah motivasi ekstrinsik 89,61% sementara motivasi intrinsik hanya 83,12% Dengan kesimpulan diatas penulis mencoba memberikan beberapa rekomendasi kepada para wali kelas terhusus kelas 4 agar senantiasa menumbuhkan motivasi intrinsik anak didiknya, mereka perlu memperbaiki kualitas diri baik dari sisi kesemangatan dalam mengajar, variasi metode pembelajaran serta penampilan saat mengajar karena boleh jadi itu semua menjadi motivasi bagi anak didiknya, kepada peneliti berikutnya agar dapat meneliti faktor-faktor apa sajakah yang menyebabkan menurunnya motivasi intrinsik siswa kelas 4 KML.

Item Type: Thesis ( S1 Undergraduate )
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Syariah UNIDA Gontor > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Nur Insani
Date Deposited: 31 Oct 2024 07:08
Last Modified: 31 Oct 2024 07:08
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/4024

Statistics Downloads of this Document

Downloads per month in the last year

View more statistics

 View Item View Item