Search for collections on UNIDA Gontor Repository

تأثير المسؤولية الاجتماعية للشركات في ثقة عملاء المصارف الإسلامية دراسة حالة بنك معاملات فرع فونوروكو عام (۲۰۱۳)

Kuncoro, Ardhika Wahyu (2014) تأثير المسؤولية الاجتماعية للشركات في ثقة عملاء المصارف الإسلامية دراسة حالة بنك معاملات فرع فونوروكو عام (۲۰۱۳). S1 Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.

[img] FILE TEXT (Ardhika Wahyu Kuncoro - HES - 2014)
Ardhika Wahyu Kuncoro - HES - 2014.pdf - Published Version
Exclusive to Registered users only
License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Melaksanakan program CSR merupakan regulasi dari pemerintah yang wajib dipenuhi oleh sebuah perusahaan, begitu juga lembaga keuangan seperti bank syariah. Pada kasusnya pengimplementasian CSR oleh bank merupakan suatu indikator yang dapat mempengaruhi kepercayaan nasabah yang notabenya bermanfaat untuk kelangsungan bank dalam jangka panjang dan juga dapat memperkuat peran bank sebagai lembaga intermediari yang bergerak dibidang jasa dan pelayanan masyarakat. Masing- masing bank memiliki metode tertentu dalam mengimplementasikan program tersebut. Bank Muamalat Cabang Ponorogo merupakan salah satu cabang Bank Muamalat Indonesia. Dengan komitmen untuk selalu menerapkan program CSR, maka dari itu peneliti ingin mengetahui seberapa besar hubungan CSR untuk membentuk kepercayaan nasabah pada bank syariah khususnya di Bank Muamalat Kantor Cabang Pembantu Ponorogo tahun 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi CSR di Bank Muamalat Cabang Ponorogo dan pengaruhnya terhadap kepercayaan nasabah pada bank tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan jenis kuantitatif. Agar dapat mencapai tujuan yang dimaksud, penulis juga berusaha mengumpulkan data-data baik primer maupun sekunder, dengan menggunakan metode dokumenter, wawancara, dan kuesioner kepada 100 sampel dari nasabah. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan cara berfikir deduktif (deductive method) dan metode analisis kuantitatif statistik (analitic quantitative statistic method) menggunakan analisis regresi linier sederhana dan T-test menggunakan program SPSS 17. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa CSR Bank Muamalat Cabang Ponorogo tahun 2013 diimplementasikan dengan cara: pengajuan proposal Bank Muamalat cabang ke Baitulmal Muamalat Pusat, Baitulmal Muamalat datang langsung ketempat kejadian bencana alam, dan kegiatan sosial ini merupakan program kerja yang terkoordinir bagi Baitulmal Muamalat. CSR diimplementasikan dalam bidang ekonomi, kesehatan, pendidikan, dan bantuan untuk korban bencana alam. Tetapi bidang ekonomilah yang lebih dominan, karena bidang ini lebih signifikan untuk peningkatan taraf hidup masyarakat. Dana CSR di Bank Muamalat bersumber dari pihak internal, yaitu karyawan dan nasabah dan pihak eksternal. Sedangkan untuk hasil analisis data kuantitatif dengan T-test menunjukkan bahwa variabel CSR berpengaruh signifikan terhadap variabel kepercayaan nasabah, karena nilai t-hitung lebih besar dari t-tabel (13,582 1,984) dan nilai signifikan 0,000 0,05. Hasil uji koefisien determinasi atau nilai Adjusted R square adalah 0,653. Hal ini mengidentifikasikan bahwa variabel independen CSR memiliki kemampuan untuk menjelaskan variabel dependen sebesar 65,3%, sedangkan sisanya 34,7% (100% 65,3% 34,7%) dijelaskan oleh faktor-faktor diluar model analisis regresi. Perlu diketahui juga, bahwa penelitian ini masih jauh dari sempurna dan masih banyak kekurangan. Peneliti berharap akan ada peneliti lainnya yang dapat melakukan pengkajian yang lebih dalam tentang tema ini.

Item Type: Thesis ( S1 Undergraduate )
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Syariah UNIDA Gontor > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Enjllina Vita
Date Deposited: 02 Nov 2024 01:48
Last Modified: 02 Nov 2024 01:48
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/4045

Statistics Downloads of this Document

Downloads per month in the last year

View more statistics

 View Item View Item