Prameswari, Ayu Dea (2013) Entrepreneurship Values In Islamic Boarding School (Case study at Modern Islamic Boarding School Darusslam Gontor for Girls One, Ngawi 2012-2013). S1 Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.
FILE TEXT (Ayu Des Prameswari - HES - 2013)
Ayu Dea Prameswari - HES - 2013.pdf - Published Version Exclusive to Registered users only License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (8MB) |
Abstract
Pada batas tertentu, pesantren tergolong lembaga pendidikan keagamaan swasta yang berhasil merintis dan menunjukan keberdayaan baik dalam hal kemandirian penyelenggaraan maupun pendanaan. Selain menjalankan tugas utamanya, yaitu berkonsentrasi pada kegiatan pendidikan yang konsisten dan relative berhasil menanamkan semangat kemandirian, kewirausahaan, semangat berdikari yang tidak menggantungkan diri sendiri kepada orang lain. Adalah Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 1, yang merupakan sebuah Pondok cabang dari Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo, yang menanamkan nilai-nilai keagamaan dan pendidikan kepada santriwatinya, tidak hanya berkonsentrasi kepada penanaman nilai-nilai keagamaan dan pendidikan saja, tapi juga turut serta menanamkan nilai-nilai kewirausahaan pada diri santriwati-santriwatinya. Pelajaran tentang kewirausahaan memang tidak diajarkan dalam bentuk kurikulum tapi langsung dicontohkan oleh guru-guru dan murid-murid dalam kehidupan sehari-hari dengan mengelola unit-unit usaha pondok. Juga adanya program pembekalan "Economic Study Tour" yang diberikan kepada santriwati kelas 6 sebelum yudisium, agar alumni pondok tidak membutuhkan waktu lama untuk mandiri dan mempunyai usaha sendiri. Dari sini, Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 1 berusaha menanamkan nilai-nilai kewirausahaan pada diri santriwatinya. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui nilai-nilai kewirausahaan yang ditanamkan Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 1 kepada para guru dan santriwati yang mengelola unit-unit usaha pondok dan nilai-nilai kewirausahaan yang diambil para peserta "Economic Study Tour". Kajian ini adalah kajian lapangan. Untuk mengumpulkan data, penulis menggunakan metode observasi, wawancara, kuesioner terbuka dan dokumentasi. Kemudian data-data tersebut dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman yaitu, reduksi data, display data dan verifikasi data untuk mengambil nilai-nilai yang diserap oleh pengelola unit-unit usaha dan peserta Economic Study Tour. Dari analisa yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa banyak nilai yang dapat diambil dari dua jenis pembelajaran kewirausahaan tersebut yaitu, belajar beradministrasi, hemat, managerial, strategi, sportifitas, kreatif, percaya diri, berani, optimis, kejujuran, kepemimpinan, keikhlasan, berdakwah, bertanggung jawab, bersabar, adil, niat untuk ibadah, tekun, kerja keras, disiplin, kemandirian, kerja sama, belajar bersosialisasi, tawakkal, menjaga amanah yang mana dari semua nilai-nilai ini dikelompokan dalam empat prinsip-prinsip pengelolaan sumber dana Gontor yaitu tertib administrasi, prinsip pendidikan sikap mental, prinsip etika kerja dan prinsip kemandirian dalam kebersamaan.
Item Type: | Thesis ( S1 Undergraduate ) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Syariah UNIDA Gontor > Hukum Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Enjllina Vita |
Date Deposited: | 02 Nov 2024 03:03 |
Last Modified: | 02 Nov 2024 03:03 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/4096 |
Statistics Downloads of this Document
View Item |