Sa'adah, Lailis (2013) في مؤسسة المالية الاسلامية بوانا كارتيكا دراسة حالة في مؤسسة المالية الإسلامية بوانا كارتيكا مارنجان ديماك (۲۰۱۲-۲۰۱۳). S1 Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.
FILE TEXT (Lailis Sa'adah - HES - 2013)
Lailis Sa'adah - HES - 2013(2).pdf - Published Version Exclusive to Registered users only License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (9MB) |
Abstract
Konsumen, dalam konteks sosioekonomi mempunyai peran yang sangat penting, bahkan setara dengan pilar ekonomi lain. Namun realitasnya, fenomena itu sering kali tak terjadi. Berdasarkan data YLKI (Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia), Sepanjang tahun 2011 ada 525 aduan dan di tahun 2012 ada 620 aduan konsumen. Sebanyak 147 aduan atau 28% di antaranya adalah pengaduan di sector jasa keuangan. Dari data tersebut 112 laporan pada industri perbankan, 22 laporan pada pembiayaan dan 13 laporan pada industri asuransi. Seharusnya pelanggaran hak-hak konsumen tidak pernah terjadi jika semua pihak serius menegakkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Maka hal-hal yang menyangkut pengaduan konsumen harus ditindak lanjuti dengan menjamin kepuasannya karena salah satu cara untuk meningkatkan reputasi perusahaan adalah dengan menjamin tingkat kepuasan pelanggannya sehingga tercipta system perekonomian yang sehat, aman, dan terpercaya. Dengan kepuasan pelanggan inilah perusahaan menjadi lebih baik karena sudah mendapatkan kepercayaan dari para pelanggannya. Dari sini penulis bisa melihat adanya hubungan antara tingkat kepuasan pelanggan terhadap produk perusahaan atau lembaga keuangan. Hal ini menarik penulis untuk meneliti tentang tingkat kepuasan nasabah terhadap produk Lembaga Keuangan Islam Buana Kartika. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan nasabah dilihat dari masing- masing atribut layanan produk LKI Buana Kartika, dan menganalisis tingkat kepuasan nasabah terhadap kualitas produk LKI Buana Kartika Mranggen Demak. Objek penelitian ini adalah produk simpanan dan pembiayaan LKI Buana Kartika dalam menganalisis kepuasan nasabah terhadap produk LKI Buana Kartika, peneliti menggunakan 5 dimensi kualistas jasa. Yaitu: Keandalan (Reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), bukti langsung (tangible), dan empati (emphaty). Penelitian ini adalah penelitian lapangan. Sedangkan untuk mencapai hasil penelitian digunakan metode kuantitatif denagn alat analisis statistic independent sample t-test yaitu dengan membandingkan rata-rata tingkat kinerjaLKI Buana Kartika dengan rata-rata tingkat harapan nasabah, dan untuk mendapatkan hasil yang valid digunakan program statistic spss versi 17. Dalam penentuan sample digunakan metode penentuan sample secara acak (Random Sampling). Adapun metode pengumpulan data digunakan metode wawancara, observasi dan angket. Setelah data terkumpul kemudian dilakukan uji validitas dan uji reabilitas untuk memastikan kelayakan data. Dari analisis terhadap tingkat kepuasan nasabah terhadap produk LKI Buana Kartika, diperoleh kesimpulan bahwa tingkat kepuasan nasabah LKI Buana Kartika puas pada atribut Reliability (0,537), Responsiveness (0,249), Assurance (0,059), Tangible (0,240), dan emphaty (0,240). Maka dapat disimpulkan bahwa nasabah puas terhadap semua produk LKI Buana Kartika. Sedangkan dengan pembuktian rata-rata harapan adalah 3,33 dan nilai rata-rata kinerja 3,19. Jika nilai kinerja dibandingka dengan nilai standar maka nasabah puas terhadap produk LKI Buana Kartika karena berada di posisi 2,51-3,25. Dan dengan Hasil pengujian seluruh data menggunakan independent sample t-test diperoleh nilai signifikan yang lebih besar dari taraf signifikan 0,05 yaitu sebesar 0,070. Yang artinya Ho diterima karena 0,070>0,05 yaitu tidak ada perbedaan antara harapan dan kinerja, maka dapat disimpulkan bahwa kinerja sesuai dengan harapan, artinya nasabah puas dengan semua produk LKI Buana Kartika
Item Type: | Thesis ( S1 Undergraduate ) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Syariah UNIDA Gontor > Hukum Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Nur Insani |
Date Deposited: | 02 Nov 2024 03:32 |
Last Modified: | 02 Nov 2024 03:32 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/4110 |
Statistics Downloads of this Document
View Item |