Search for collections on UNIDA Gontor Repository

تحليل القوة والضعف والامكانية والتهديد نحو استراتيجية التسويق دراسة حالة في التأمين "Takaful العامي الإسلامي سورابايا ۲۰۰۸-۲۰۰۹ )

Nurcahyo, Bintoro Dwi (2009) تحليل القوة والضعف والامكانية والتهديد نحو استراتيجية التسويق دراسة حالة في التأمين "Takaful العامي الإسلامي سورابايا ۲۰۰۸-۲۰۰۹ ). S1 Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.

[img] FILE TEXT (Bintoro Dwi Nurcahyo - HES - 2009)
Bintoro Dwi Nurcahyo - HES - 2009.pdf - Published Version
Exclusive to Registered users only
License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (141MB)

Abstract

Kinerja pemasaran tiap perusahaan dipengaruhi oleh perkembangan lingkungan bisnis. Lingkungan bisnis terdiri dari dua golongan yaitu lingkungan intern dan lingkungan ekstern, perkembangan lingkungan bisnis dapat menciptakan Peluang bisnis yang menjanjikan, dipihak lain ia juga dapat menjadi tantangan keberhasilan strategi pemasaran yang telah di terapkan oleh perusahaan tersebut. Untuk mengendalikan kinerja strategi pemasaran serta menangkap peluang bisnis yang menjanjikan, Maka tiap perusahaan harus mengamati perkembangan lingkungan bisnis serta mengevaluasi strategi mereka. Dengan ini diterapkannya Analisis SWOT untuk mengetahui baik kekuatan, kelemahan, peluang maupun tantangan yang dihadapi akibat adanya perkembangan lingkungan bisnis. Asuransi Syariah Takaful Umum Surabaya merupakan cabang dari Asuransi Syariah Takaful Pusat yang bertumpukan pada konsep tolong-menolong dalam kebaikan dan ketakwaan yang berlandaskan atas al Qur'an serta sunnah dan system operasionalnya didasarkan atas prinsip prinsip syariah seiring masa pertumbuhannya, berkembang pula lingkungan. bisnisnya, Asuransi Takaful Umum tetap eksis di dunianya terbukti adanya perkembangan yang pesat dengan jumlah nasabah yang semakin meningkat serta mampu bersaing dilapangan asuransi nasional untuk mewujudkan visinya yaitu Memberikan pelayanan terbaik, amanah dan professional kepada umat Islam dan bangsa Indonesia. Hal ini tidak lepas dari usahanya khususnya dalam analisa perkembangan lingkungan bisnis serta evaluasi strategi mereka yang berhubungan dengan pemasaran produk jasanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mekanisme pelaksanaan Strategi pemasaran di Asuransi Syari'ah Takaful Umum dan Penerapan Analisys SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat) terhadap Strategi Pemasarannya. Dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kualitas dan kuantifikasi posisi Strategi Pemasarannya. Penelitian ini adalah penelitian Deskriptif Kuantitatif Eksploratif dengan pendekatan Fenomenologi yang dalam pengumpulan data-datanya peneliti menggunakan metode observasi, dokumentasi dan wawancara untuk mendapatkan data-data deskriptif di Asuransi Takaful Surabaya, sedang untuk mendapatkan data-data tentang tingkat kualitas dan kuantifikasi posisi strategi pemasaran yang telah dijalankan oleh Asuransi Takaful Umum digunakanlah angket dengan mengambil sample sebanyak 40 responden secara random. Kemudian peneliti menggunakan rumus analisys SWOT yang dikemukakan Pearce dan Robinson guna pengkajian atas tingkat kualitas dan kuantifikasi posisi strategi pemasarannya: yaitu penghitungan: c = axb yaitu untuk menghitung total SWOT, serta (d adalah x-S-W) dan (e adalah-O-T) dan- Nb memetakannya di kuadran SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi pemasaran yang diterapkan ATU terpusatkan pada Strategi pemilihan pasar combine target, market forecasting, Strategi Produk: product planning, product features, market diversification, business development, Strategi Distribusi: direct marketing, mail, response marketing, sistem Agency dan Strategi Promosi product buying motives, advertensi, sales promotion, personal selling serta hasil pemetaan dalam kuadran SWOT tingkat kualitas dan kuantifikasi posisi strategi pemasaran Asuransi Takaful Umum di posisi kuadran I yaitu (positif, positif) dibuktikan dengan pernyataan bahwa faktor Internal dengan nilai sumbu x (total faktor kekuatan total faktor kelemahan) 14 dan faktor eksternal dengan nilai sumbu y (total faktor peluang total faktor tantangan 15. Rekomendasi strategis yang diberikan adalah Progresif, artinya strategi pemasaran dalam kondisi prima dan mantap sehingga sangat dimungkinkan untuk terus melakukan ekspansi, memperbesar pertumbuhan dan meraih kemajuan secara maksimal. Inilah bahasan sederhana yang dituangkan dalam sebuah penelitian lapangan yang terbatas, yang dirasa peneliti banyak sekali kekurangan-kekurangannya. Untuk itu peneliti berharap, semoga dengan ini peneliti selanjutnya dapat melengkapi kekurangan-kekurangan yang ada. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan taufik serta hidayahNya kepada kita semua sehingga kita bisa mencapai cita-cita yang kita harapkan Amin.

Item Type: Thesis ( S1 Undergraduate )
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Syariah UNIDA Gontor > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Enjllina Vita
Date Deposited: 02 Nov 2024 03:45
Last Modified: 02 Nov 2024 03:45
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/4120

Statistics Downloads of this Document

Downloads per month in the last year

View more statistics

 View Item View Item