Setianto, Budi (2014) ر مزيج التسويق الإسلامي على تعيين شراء المستهلكين المنتجات دراسة حالة في مطعم Kupat Tahu Pelopor بمنطقة بلابك ما جيلانج سنة ٢٠١٤). S1 Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.
FILE TEXT (Budi Setianto - HES - 2014)
Budi Setianto - HES - 2014.pdf - Published Version Exclusive to Registered users only License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) |
Abstract
Setiap manusia di dunia ini selalu membutuhkan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari seperti makanan, minuman dan pakaian. Untuk memenuhi itu semua, di haruskan baginya mencari nafkah dan rizqi dengan cara berniaga atau berdagang, sebagaimana Rasulullah SAW memberi contoh kepada semua umatnya di dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan melakukan perdagangan, sebagaimana Rasulullah SAW pernah bersabda sebaik-baiknya pekerjaan adalah pekerjaan seseorang dengan tanganya atau usahanya sendiri dan setiap jual beli yang mabrur. Di dalam perdagangan di butuhkan suatu konsep pemasaran yang bisa menarik perhatian pembeli untuk membeli barang yang di perdagangkan, karena perhatian pembeli adalah salah satu sarana dari beberapa sarana kesuksesan dalam berdagang. Untuk menarik perhatian pembeli konsep pemasaran yang di laksanakan harus sesuai dengan produk yang di jual, harga dari produk, tempat yang di gunakan untuk berdagang, dan sarana yang di gunakan untuk memberi tahu para pembeli tentang apa yang di perdagangkan. Konsep pemasaran yang sesuai untuk perdagangan dan yang sering digunakan oleh para pengusaha adalah bauran pemasaran yang mencangkup product, price, place, dan promotion yang lebih dikenal dengan sebutan 4P. Bauran pemasaran yang di laksanakan harus sesuai dengan ajaran al-Quran dan as-Sunnah, karena Rasulullah SAW telah memberi contoh kepada ummatnya bagaimana berdagang yang baik dan adil agar perdagangan yang sedang di laksanakan mendapat keuntungan dan keridhoan dari Allah SWT, bukan hanya keuntungan dunia saja tetapi dunia dan akhirat kelak. Penelitian ini di maksudkan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh bauran pemasaran Islami terhadap keputusan pembelian produk tahu kupat pelopor blabak oleh konsumen pada tahun 2014. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan analisis kuantitatif. Data dalam penelitian ini didapat dengan menggunakan metode dokumentasi, wawancara, dan kuesioner. Data tersebut dianalisis dengan menggunakan metode analisis induktif, deduktif dan statistik yang meliputi uji validitas dan reliabilitas untuk menguji kuesioner, uji asumsi klasik, dan analisis regresi linear berganda untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran Islami terhadap keputusan pembelian produk tahu kupat pelopor blabak oleh konsumen. Hasil penelitian ini menunjukan nilai adjusted R Square 0,232, yang berarti pengaruh variabel independen (bauran pemasaran) terhadap variabel dependen (keputusan pembelian) sebesar 23,2% sedangkan 76,8% dipengaruhi variabel lain diluar penelitian ini. Dari uji ANOVA atau uji f, diperoleh f hitung > f tabel (8,490 > 4,14), maka HO ditolak dan Ha diterima. Berarti semua variabel bauran pemasaran secara bersama-sama memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian produk tahu kupat pelopor. Uji T menunjukan keputusan pembelian produk tahu kupat pelopor dipengaruhi oleh variabel lokasi/distribusi dan harga secara signifikan, sedangkan variabel produk dan promosi tidak berpengaruh secara signifikan. Model regresi yang digunakan pada uji asumsi klasik tidak terjadi multikolonieritas, autokorelasi, heteroskedastisitas, dan residual berdistribusi dengan normal. Maka dapat disimpulkan model regresi yang digunakan adalah model regresi yang baik, karena memenuhi uji asumsi klasik.
Item Type: | Thesis ( S1 Undergraduate ) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Syariah UNIDA Gontor > Hukum Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Enjllina Vita |
Date Deposited: | 02 Nov 2024 03:48 |
Last Modified: | 02 Nov 2024 03:48 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/4122 |
Statistics Downloads of this Document
View Item |