Search for collections on UNIDA Gontor Repository

مفهوم الأعمال التجارية في الاقتصاد الإسلامي (دراسة مكتبية)

Fauzi, Deni Ramli (2012) مفهوم الأعمال التجارية في الاقتصاد الإسلامي (دراسة مكتبية). S1 Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.

[img] FILE TEXT (Deni Ramli Fauzi - HES - 2012)
Deni Ramli Fauzi - HES - 2012.pdf - Published Version
Exclusive to Registered users only
License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (91MB)

Abstract

Nabi Adam sebagai manusia pertama yang diciptakan dan berlanjut oleh para nabi yang diutus oleh Allah, mereka diutus untuk merealisir ketentuan Sang Pencipta dalam seperangkat regulasi agar dapat mengerahkan manusia hidup bahagia di dunia dan di akhirat melalui Islam. Islam mengajarkan manusia nilai nilai moralitas dalam mencari rezeki melalui bisnis, dan menekankan adanya moralitas dalam bisnis tersebut seperti persaingan yang sehat, kejujuran dan keterbukaan dan juga keadilan. Tetapi pada kenyataannya para pebisnis cenderung tidak memperhatikannya, sehingga mereka berpaling dari kaidah-kaidah dan ketentuan agama yang ada, sehingga kegiatan bisnis ini sudah menyimpang dan jauh dari sifat tolong menolong antara produsen dan konsumen dalam memenuhi segala kebutuhan baik pribadi maupun kelompok. Adapun tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui konsep dan pelaksanaan bisnis dalam ekonomi Islam. Jenis penelitian ini merupakan penelitian literatur dengan pendekatan analisis konsep, untuk mendapatkan data data baik primer ataupun sekunder, maka peneliti menggunakan metode dokumentasi, kemudian menganalisis data-data tersebut dengan menggunakan metode berfikir induktif dan dilanjutkan dengan metode berfikir deduktif. Agar pembahasan lebih terarah, maka penulis menggunakan metode deskriptif analisis, yang dilanjutkan dengan menggunakan analisis content untuk menganalisa substansi dari data data yang sudah terkumpulkan. Hasil yang dicapai setelah melalui berbagai macam pembahasan adalah bahwa konsep bisnis dalam Islam merupakan suatu akad jual beli yang tidak hanya mementingkan keuntungan semata namun tetapi diniatkan untuk beribadah kepada Allah dan mendapatkan ridhaNya dengan tidak keluar dari aturan syari'ah yang telah ditetapkan dalam Islam. Adapun dalam pelaksanaannya harus sesuai dengan prinsip dan asas bisnis dalam islam yaitu tepat janji, jual beli secara jujur, dan tanggung jawab. Penelitian ini masih sangat sederhana dan membutuhkan perluasan serta perbaikan. Semoga pembahasan ini bisa bermanfaat dan mampu menambah khazanah ilmu pengetahuan Islam dan juga bagi para pengusaha muslim agar menjadi cermin dalam usahanya, khususnya yang berhubungan dengan kegiatan bisnis sehingga mendapat keberkahan dalam bermuamalah. amin

Item Type: Thesis ( S1 Undergraduate )
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Syariah UNIDA Gontor > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Enjllina Vita
Date Deposited: 02 Nov 2024 06:37
Last Modified: 02 Nov 2024 06:37
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/4149

Statistics Downloads of this Document

Downloads per month in the last year

View more statistics

 View Item View Item