Thesis
Published
PENGARUH PENGUASAAN MATERI MUTHALA’AH TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA SISWA KELAS 3 INTENSIF KULLIYATUL MU’ALLIMIN ALISLAMIYAH PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR KAMPUS 2 MADUSARI SIMAN PONOROGO TAHUN AJARAN 1437-1438 H
Abstract
Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 2 adalah salah satu Lembaga
Pendidikan Islami yang memegang erat disiplin bahasa. Di dalamnya diajarkan banyak
pelajaran berbahasa Arab, diantaranya adalah Muthola’ah. Pelajaran Muthola’ah yang
efektif dapat membantu penyampaian pemikiran (ta’bir) siswa yang baik, dan tata bahasa
(uslub) yang bermacam-macam. Namun ternyata siswa kelas 3 intensif belum menguasai
materi Muthola’ah dengan baik untuk diterapkan dalam berbicara, sedangkan mereka
telah memasuki masa pembelajaran Muthola’ah selama 2 tahun.
Tujuan penelitian dalam pembahasan ini adalah untuk: (1) Mengetahui
kemampuan siswa kelas 3 Intensif KMI gontor kampus 2 dalam penguasaan mater
Muthala’ah (2) Mengetahui kemampuan siswa kelas 3 Intensif KMI gontor kampus 2
dalam kemampuan berbicara (3) Mengetahui ada tidaknya pengaruh kemampuan dalam
penguasaan materi Muthala’ah terhadap kemampuan berbicara siswa kelas 3 Intensif
Kulliyatul Mu’allimin Al-Islamiyah Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 2
Siman Madusari Ponorogo Jawa Timur Tahun Ajaran: 1437-1438 H.
Penelitian ini berjenis penelitian kuantitatif, Populasi yang digunakan adalah
seluruh siswa kelas 3 Intensif KMI gontor kampus 2 yang berjumlah 75 orang. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah : (1) Hasil Ujian, untuk mengetahui
kemampuan berbicara siswa kelas 3 Intensif KMI gontor kampus 2. (2). Dokumentasi,
untuk mendapatkan data nilai prestasi belajar dalam pelajaran muthola’ah kelas kelas 3
Intensif KMI serta untuk mendapatkan data-data tentang gambaran Pondok secara umum.
Adapun analisis datanya menggunakan teknik korelasi product moment dengan taraf
signifikasi 5% atau 1% dengan derajat kebebasan (df) 73.
Dari analisis dapat diketahui hasil penelitian adalah: (1) Penguasaan materi
muthola’ah siswa kelas 3 Intensif KMI Gontor kampus 2 tahun ajaran: 1437-1438 adalah
baik dengan nilai 5,58. (2) Kemampuan berbicara siswa kelas 3 Intensif KMI Gontor
kampus 2 tahun ajaran: 1437-1438 adalah baik sekali dengan nilai 7,01. (3) Ada
pengaruh signifikan antara penguasaan materi Muthola’ah dan kemampuan berbicara
siswa kelas 3 Intensif KMI Gontor kampus 2 tahun ajaran: 1437-1438, hal ini di
tunjukkan dengan nilai 0,851 lebih besar dari pada nilai “r” dalam tabel 5% dan 1% yaitu
0,232 dan 0,302.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti, diharapkan
kepada (1) bapak direktur KMI untuk memperhatikan, meningkatkan pengajaran materi
mutholaah dan kemampuan berbicara untuk kelas 3 intensif kususnya, dikarnakan materi
muthola’ah mempengaruhi kemampuan berbicara dan pelajaran bahasa arab lainnya, (2)
Untuk pengajar agar lebih semangat disaat mengajar muthola’ah kelas 3 Intensif sehingga
menguasai materi dengan baik, (3) Untuk setiap wali kelas agar lebih memperhatikan
siswa dalam peningkatan kemampuan berbicara khusunya pada saat pembelajaran
muthola’ah agar terciptanya lingkungan berbahasa yang baik.
Publication Details
InstitutionUniversity of Darussalam Gontor
DepartmentFakultas Tarbiyah
Item ID416
Deposited03 Nov 2020 01:34