Febrianto, Dian Budi (2003) استراتيجية التسعير و أثرها في قناعة المستهلك دراسة قضية في صالون روسيا بسورابايا. S1 Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.
FILE TEXT (Dian Budi Febrianto - HES - 2003)
Dian Budi Febrianto - HES - 2003.pdf - Published Version Exclusive to Registered users only License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (14MB) |
Abstract
Harga merupakan kata yang melekat pada setiap sesuatu. Dengan demikian diketahui bahwa harga adalah sesuatu yang penting, sehingga banyak pula konsumen yang akan mengkonsumsi sesuatu melihat terlebih dahulu kepada faktor harga. Terkadang harga menjadi faktor prestise dan terkadang pula menjadi faktor pemuas atau keduanya secara bersamaan. Banyak pula perusahaan mulai waktu ini mengutamakan strategi harga dalam menunjang keberhasilan program pemasaran produk pada urutan pertama atau kedua dari atas. Harga akhirnya memegang peranan penting bagi perusahaan untuk memperoleh kedudukan di pasar, yang dengan itu konsumen mulai memperhatikan harga setiap kali mereka akan membeli sebuah produk. Dalam penelitian ini, permasalahan utama adalah apakah ada hubungan antara harga dan kepuasan konsumen dan pada tingkat mana harga menjadi faktor pemuas pada sebuah salon Rossa di Surabaya. Penelitian yang dilakukan pada tahun 2002 di salon Rossa Surabaya mengambil sampel sebanyak 50 responden dengan teknik Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, wawancara serta dokumentasi. Pengujian tingkat kepuasan konsumen dengan menggunakan Importance Performance Analysis yang diikuti dengan gambar diagram kartesius. Dan untuk mencari hubungan antar 2 variabel digunakan teknik korelasi dan korelasi partial untuk penambahan variabel kontrol. Sedangkan untuk menguji hipotesis yang diajukan menggunakan teknik analisis Chi Quadrate. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan konsumen di salon Rossa melalui diagram kartesius oleh harga masih dianggap kurang penting bagi konsumen. Walaupun begitu harga mempunyai pengaruh yang kuat yaitu dengan nilai korelasi 0,469 dan probabilitas < 0,05 atau 0,001 < 0,05 sehingga dinyatakan bahwa kedua variabel berkolerasi secara signifikan. Dalam pembuktian hipotesis yang diajukan didapatkar nilai Chi Quadrate hitung sebesar 50,009 dengan tingkat kepercayaan 5% dan derajat kebebasan 32 sedangkan nilai Chi Quadrate tabel didapat 46,19. maka Chi Quadrate hitung > Chi Quadrate tabel, dengan demikian Ho ditolak. Dan pada nilai probabilitas didapat 0,022 < 0,05 maka Ho ditolak. Diambil kesimpulan bahwa Ho Tidak ada pengaruh antara harga dan kepuasan konsumen ditolah sedangkan Ha Ada pengaruh antara harga dan kepuasan konsumen diterima. Inilah bahasan sederhana yang dituangkan untuk sebuah penelitian lapangan, dimana masih dirasakan banyak kekurangan yang belum penulis bahas. Sehingga penulis mengharapkan, semoga dengan ini timbul minat dari penulis selanjutnya yang lebih kuat dan marnpu memecahkan berbagai kekurangan yang terdapat dalam karya ini. Akhirrıya semoga Allah senantiasa membantu dan mendedahkan bagi kita semua pintu kesuksesan dan jalan-jalan keselamatanNya untuk meraih masa depan yang lebih baik dari hari ini. Amin
Item Type: | Thesis ( S1 Undergraduate ) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Syariah UNIDA Gontor > Hukum Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Enjllina Vita |
Date Deposited: | 02 Nov 2024 07:00 |
Last Modified: | 02 Nov 2024 07:00 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/4163 |
Statistics Downloads of this Document
View Item |