Al-Mansury, M. Nur Kholiq (2004) التمذهب في الصلاة وفهم طلاب السنة السادسة بكلية المعلمين الإسلامية معهد دار السلام الحديث للتربية الإسلامية كونتور فونوروكو سنة ١٤٢٥هـ لكتاب بداية المجتهد (دراسة تلازمية). S1 Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.
FILE TEXT (M. Nur Kholiq Al-Mansury - PM - 2004)
M. Nur Kholiq Al-Mansury - PM - 2004.pdf - Published Version Exclusive to Registered users only License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (132MB) |
Abstract
Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) adalah sebuah lembaga pendidikan yang bertujuan untuk menjadikan santri-santrinya agar menjadi generasi yang bermafaat dan mampu menjadi tauladan dalam kehidupan beragama dan kemasyarakatan. Dan dari sekian banyak pendidikan agama yang telah diberikan adalah pengajaran tentang ibadah sholat. Dimana sholat adalah salah satu dari rukun islam yang lima yang wajib untuk dikerjakan yang mana dalam pelaksanaannya terdapat perbedaan-perbedaan, seperti dalam pelaksanaan rukunnya ataupun sunnah yang ada didalamnya. Dengan melihat fenomena yang terjadi dikalangan para santri, bahwa sebagian dari mereka dalam mengerjakan sholat sangatlah bervariasi misalnya saja dalam mengangkat tangan, lalu kapan saja mereka melafadzkan takbir dengan mengangkat tangan dan lain sebagainya, mereka kurang menyadari akan perbedaan madzhab yang ada dalam rukun ataupun sunnah yang ada didalam sholat. Sedangkan mereka sudah belajar tentang madzhab dalam pelajaran fiqh (kitab bidayatu-l-mujtahid). Maka daripada itu pembahas terdorong. untuk mengetahui hubungan bermadzhab dalam sholat dan pemahaman bermadzhab dalam kitab bidayatu-l-mujtahid. Penelitian yang sederhana ini bertujuan untuk mengetahui hubungan bermadzhab siswa kelas VI KMI PMDG Putra dan pemahaman bermadzhab didalam sholat dari kitab bidayatu-l-mujtahid. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan fenomenologi korelasional, dan untuk mencapai tujuan dari pembahasan ini, maka digunakan metode sebagai berikut: observasi dan dokumentasi untuk memperoleh hal-hal yang berkaitan dengan data tentang keadaan PMDG dan siswa kelas VI KMI dan quesioner (angket) untuk memperoleh data tentang hubungan bermadzhab siswa kelas VI dalam sholat dan pemahaman mereka tentang bermadzhab dari kitab bidayatu-l-mujtahid. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI KMI PMDG putra tahun 1425 H yang berjumlah 544 santri, sedangkan sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah dengan metode random sampling sebesar 25% dari populasi yaitu sebanyak 135 santri. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan cara berfikir induktif dan deduktif dan kemudian analisis korelasi digunakan untuk mencari hubungan antara bermadzhab dan kitab bidayatu-l-mujtahid. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman siswa kelas VI KMI tentang bermadzhab dari kitab bidayatu-l-mujtahid adalah cukup dengan nilai sebesar 96.,38 yaitu lebih besar dari nilai rata-rata yaitu 37,5%. Sedangkan pelaksanaan bermadzhab mereka dalam sholat adalah cukup, dengan nilai sebesar 31,296 yaitu lebih besar dari nilai rata-rata sebesar 24%. Akan tetapi dari data yang diperoleh peneliti setelah diolah tidak ada hubungan antara pelaksanaan bermadzhab siswa kelas VI KMI PMDG dengan pemahaman mereka dalam sholat, karena nilai yang diperoleh 0.047 adalah lebih kecil dari nilai yang ada dalam tabel dengan taraf signifikasi 5% yaitu 1,59. Demikianlah kesimpulan yang dicapai oleh peneliti, tetapi itu semua masih banyak kekurangan dan jauh dari kesempurnaan. Maka diharapkan kepada pembaca dan peneliti selanjutnya untuk dapat menyempurnakan dan meneliti yang lebih mendalam. Dan hanya dari Allah-lah inayah serta taufiq, Amin.
Item Type: | Thesis ( S1 Undergraduate ) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Syariah UNIDA Gontor > Perbandingan Mazhab dan Hukum |
Depositing User: | Nur Insani |
Date Deposited: | 03 Nov 2024 03:10 |
Last Modified: | 03 Nov 2024 03:10 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/4194 |
Statistics Downloads of this Document
View Item |