Search for collections on UNIDA Gontor Repository

إستراتيجية التسويق النتاج (دراسة قضية ببنك ما نديري الشرعي فرع سورابايا في سنة ٢٠٠٢-٢٠٠٣)

Khamidah, Fahdilatul (2004) إستراتيجية التسويق النتاج (دراسة قضية ببنك ما نديري الشرعي فرع سورابايا في سنة ٢٠٠٢-٢٠٠٣). S1 Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.

[img] FILE TEXT (Fahdilatul Khamidah - HES - 2004)
Fahdilatul Khamidah - HES - 2004.pdf - Published Version
Exclusive to Registered users only
License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (114MB)

Abstract

Strategi dalam perbankan syariah mutlak diperlukan, karena perkembangan bank tidak lepas dari penerapan strategi yang tepat. Strategi pemasaran adalah strategi perusahaan dalam memasarkan produk dan jasa bank yang mencakup seluruh kegiatan arus produk dan jasa perusahaan dari perusahaan ke konsumen. Dalam strategi pemasaran tersebut perusahaan menganalisa pasar konsumen melalui riset pemasaran. Kemudian menetapkan langkah-langkah pemasaran dalam jangka waktu tertentu. Agar target dan tujuan bank tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketepatan strategi pemasaran produk di Bank Syariah Mandiri cabang Surabaya. Yang pada akhirnya dapat menjadi sebuah khazanah pengembangan perbankan Islam di Indonesia. Mengingat besarnya kebutuhan masyarakat akan lembaga keuangan yang tidak hanya berorientasi pada produk tapi juga pada aspek kehalalan produk dan opersionalisasinya. Untuk mencapai tujuan di atas penulis menggunakan jenis penelitian studi kasus dengan pendekatan fenomenologi. Untuk mengetahui dan mendapatkan gambaran umum serta data-data tentang strategi pemasaran yang diteliti, penulis mengadakan observasi dan studi dokumentasi serta mengadakan wawancara. Dengan mengadakan metode deduktif penulis berusaha memaparkan tentang teori pemasaran dan penerapannya dalam Bank Islam dan gambaran umum tentang Bank Syariah Mandiri cabang Surabaya serta penerapan strategi pemasaran dalam bank tersebut. Dengan metode induktif penulis berusaha mengambil kesimpulan dari penerapan pemasaran yang telah berjalan di Bank Syariah Mandiri cabang Surabaya dan dengan menggunakan analisis deskriptif qualitatif. Penulis berusaha menganalisa penerapan strategi pemasaran produk di Bank Syariah Mandiri cabang Surabaya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran di Bank Syariah Mandiri telah tepat dalam memasarkan produk. Berdasarkan penelitian ini, peneliti menyarankan pada Bank Syariah Mandiri cabang Surabaya untuk berusaha mengembangkan bank tersebut. Dan bagi peneliti berikutnya hendaknya dapat mengembangkan hasil penelitian ini sehingga dapat memberi kontribusi lebih demi kemajuan perbankan syariah di tanah air khususnya dan di dunia pada umumnya.

Item Type: Thesis ( S1 Undergraduate )
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Syariah UNIDA Gontor > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Enjllina Vita
Date Deposited: 03 Nov 2024 03:52
Last Modified: 03 Nov 2024 03:52
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/4211

Statistics Downloads of this Document

Downloads per month in the last year

View more statistics

 View Item View Item