Chotib, Fahmy (2013) تطبيق إدارة علاقات العميل دراسة حالة بمحل ريا نوسانتارا سلامونج فونوروكو سنة ١٤٣٤/٢٠١٣). S1 Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.
FILE TEXT (Fahmy Chotib - HES - 2013)
Fahmy Chotib - HES - 2013.pdf - Published Version Exclusive to Registered users only License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
Persaingan bisnis saat ini tidak hanya bergantung pada kualitas produk, akan tetapi lebih kepada kualitas pelayanan. Yaitu pelayanan yang akan mendorong konsumen untuk membeli produk yang ditawarkan perusahaan. Selain kualitas produk, kualitas pelayanan masih merupakan hal yang sangat penting. Membangun hubungan yang erat dengan konsumen tidaklah mudah tetapi melainkan sangat sulit, terutama jika jumlah konsumen banyak, sehingga tidak memungkinkan bagi perusahaan untuk memperhatikan mereka semua. Oleh karena itu, perusahaan membutuhkan suatu cara yang cocok untuk bisa mengetahui apapun tentang konsumen, sehingga kemudian perusahaan mampu memberikan pelayanan terbaik untuk mereka. Adapun salah satu cara terbaik untuk membangun hubungan dengan konsumen adalah dengan menerapkan konsep Customer Relationship Management, yaitu proses mengelola informasi rinci tentang pelanggan perorangan dan semua kontak aktivitas secara seksama untuk memaksimalkan loyalitas pelanggan. Toko Ria Nusantara ini merupakan Toko yang beralamatkan di desa Gundik Slahung Ponorogo, Toko ini didirikan pada tahun 2003 dengan nama Ria Nusantara. Peneliti memilih untuk meneliti Toko ini dikarenakan peneliti melihat bahwa toko tersebut mendominasi toko-toko yang ada di desa gundik. Kemajuan dan pendapatannya pun mengalami peningkatan yang sangat signifikan dibandingkan dengan toko-toko yang lainny, maka dari itu peneliti merasa tertarik untuk meneliti toko ini. Dengan kemajuan yang didapatkan seiring dengan diterapkannya sistem Customer Relationship Management, sehingga peneliti ingin mengetahui lebih detil apa yang dimaksud dengan Customer Relationship Management, dan bagaimana Toko Ria Nusantara menerapkan sistem tersebut. Jenis penelitian ini adalah termasuk penelitian Studi kasus. Untuk mendapatkan data-data tentang Toko Ria Nusantara, peneliti menggunakan metode wawancara dan dokumentasi, sedangkan untuk mendapatkan data-data tentang penerapan konsep Customer Relationship Management di Toko Ria Nusantara Slahung tahun 2013, peneliti menggunakan metode observasi melalui obyek di lapangan. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode kualitatif eksploratif yaitu studi untuk mengungkap bagaimana keadaan dan fakta-fakta yang terjadi di lapangan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan konsep customer relationship management di Toko Ria Nusantara meliputi pengumpulan data seluruh pelanggan, menggunakan sistem komputerisasi dalam proses transakasi sehingga pelayanan di kasir menjadi tertata dan cepat, sedangkan sistem promosi dan diskon menjadi lebih mudah atau praktis, jumlah konsumen toko pun bertambah, dan begitupula dengan bertambahnya pendapatan dikarenakan bertambahnya konsumen. Dari penelitian yang sederhana ini, jauh dari kesempurnaan dan dirasa masih banyak kekurangan-kekurangan tentang permasalahan obyek yang belum diteliti, sehingga penulis mengharapkan agar peneliti yang lain bisa melengkapinya dengan lebih luas dan tepat pada penelitian ini. Akhirnya semoga Allah senantiasa memberikan hikmah dan hidayah di setiap derap langkah pekerjaan yang akan kita lakukan.
Item Type: | Thesis ( S1 Undergraduate ) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Syariah UNIDA Gontor > Hukum Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Enjllina Vita |
Date Deposited: | 03 Nov 2024 03:59 |
Last Modified: | 03 Nov 2024 03:59 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/4213 |
Statistics Downloads of this Document
View Item |