Thesis
Published
PERAN WALI KELAS DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA SISWI KELAS SATU DI PONDOK PESANTREN TA’MIRUL ISLAM TAHUN AJARAN :1437-1438 H
Abstract
Bahasa adalah kalimat untuk mengungkapkan apa yang diinginkan. Untuk dapat menguasai bahasa Arab
dibutuhkan pembelajaran bahasa Arab. Tujuan pembelajaran bahasa Arab secara umum merupakan cara menjaga
islam dengan Al-Qur’an dan As-Sunnahnya, dan secara khusus agar para pelajar dapat mengembangkan
ketrampilan mereka dalam berbahasa Arab, khusunya dalam ketrampilan berbicara. Salah satu yang dapat memacu
peningkatan berbahasa adalah wali kelas karena wali kelas memiliki tugas yang lebih dari pada guru biasa dalam
membimbing anak didik. Terutama di pondok Pesantren Ta’mirul Islam dimana beberapa dari wali kelas tersebut
pernah menjabat menjadi wali kelas satu sebelumnya, dan mereka memiliki pengalaman untuk mendidik siswi
baru. Karena siswi baru membutuhkan perhatian khusus untuk mengetahui semua hal yang belum mereka ketahui.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang: (1) Peran wali kelas dalam meningkatkan ketrampilan
berbicara pada kelas siswi kelas satu di Pondok Pesantren Ta’mirul Islam Surakarta tahun ajaran 1437-1438. (2)
Serta faktor pendorong dan penghambat dari peningkatan berbahasa siswi kelas satu di Pondok Pesantren Ta’mirul
Islam.
Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif. Untuk mencapai apa yang telah
dijadikan tujuan sebagaimana tercantum, peneliti menggunakan metode observasi, metode wawancara dan metode
dokumentasi dalam pengumpulan data. Kemudian penulis menggunan Metode Miles dan Huberman untuk
menarik kesimpulan dari berbagai data. Selanjutnya dengan menggunakan data reduction, data display, dan
conclusion drawing and verification.
Dari hasil penelitian ini diketahui, bahwasanya wali kelas sangat berperan penting dalam meningkatkan
ketrampilan berbicara pada kelas siswi kelas satu di Pondok Pesantren Ta’mirul Islam Surakarta tahun ajaran 1437-
1438. Karena tanggung jawab mereka sangat berat terhadap kelasnya. Wali kelas dapat bertugas sebagai guru,
motivator, penyelenggara, perantara, evaluator. Dan faktor pendorongnya adalah perhatian penuh dari wali kelas,
contoh yang baik dari wali kelas, kesemangatan dari wali kelas, seringnya latihan baik lisan maupun tulisan. Dan
faktor penghambatnya adalah lemahnya kemampuan berbahasa mereka, tidak adanya contoh yang baik dari
lingkungan, kurangnya motivasi dari wali kelas.
Akhirnya penulis sadar bahwa penelitian ini masih sangat jauh dari kesempurnaan dan berharap bagi para
pembaca maupun peneliti untuk melengkapi kekurangan dalam penelitian ini sehingga menjadi sempurna
Publication Details
InstitutionUniversity of Darussalam Gontor
DepartmentFakultas Tarbiyah
Item ID422
Deposited03 Nov 2020 02:00