Jiatrahman, Farisma (2014) ARCHIE B CARROLL'S CSR PYRAMID AN ISLAMIC PERSPECTIVE. S1 Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.
FILE TEXT (Farisma Jiatrahman - HES - 2014)
Farisma Jiatrahman - HES - 2014.pdf - Published Version Exclusive to Registered users only License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) |
Abstract
Konsep CSR yang dikemukakan oleh Archie B Carroll adalah perusahaan mempunyai tanggung jawab sosial yang terdiri dari empat komponen, tanggung jawab pertama adalah tanggung jawab ekonomi yang berarti perusahaan bertanggung jawab untuk membuat laba karena perusahaan didirikan untuk membuat laba, dan dengannya perusahaan dapat tetap bertahan, tanggung jawab selanjutnya adalah tanggung jawab hukum yang berarti perusahaan diwajibkan untuk mengikuti hukum sehingga perusahaan bebas dari pelanggaran hukum, tanggung jawab selanjutnya adalah tanggung jawab etika yang berarti perusahaan diharapkan untuk melakukan bisnisnya dengan memperhatikan masyarakat sekitar sehingga perusahaan dapat berbuat benar dan adil serta menghindari kerusakan, dan terakhir adalah tanggung jawab kebajikan yang dengan ini perusahaan diharapkan untuk menjadi warga perusahaan yang baik dan ikut berkontribusi dalam peningkatan kualitas hidup masyarakat, apabila semua semua tanggung jawab itu terpenuhi maka akan tercipta total responsibility. Semuanya digambarkan seperti piramida dengan empat tingkatan dengan tanggung jawab ekonomi berada di dasar piramida kemudian diikuti tanggung jawab hukum, tanggung jawab etika, dan tanggung jawab kebajikan berada di puncak piramida. Sekilas tidak ada yang salah dengan konsep tersebut, namun setelah kita meninjau ulang atas konsep piramida CSR itu, bagaimanakah konsep piramida CSR itu dalam perspektif Islam? Dan apakah komponen piramida CSRnya Carroll relevan dengan perspektif Islam? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mempelajari piramida CSR dalam pandangan perspektif Islami dan juga bertujuan untuk mengetahui relevansi, komponen dan urutan piramida CSR dalam perspektif yang Islami. Penelitian ini merupakan penelitian literatur dimana penulis menggunakan pendekatan analisis konsep, untuk mengetahui secara dalam konsep piramida CSR yang kemudian dibahas dalam perspektif Islam. Adapun penulis menggunakan metode deduktif dan induktif untuk mengkaji dan menelaah piramida CSR dan kemudian mengklasifikasikan poin-poin piramida CSR dengan perspektif Islam menggunakan metode pendekatan analisis konsep. Dalam penelitian ini penulis mengklasifikasi dan membahas poin-poin piramida CSR dengan Perspektif Islam berikut pernyataan para pakar CSR yang Islami. Dalam penelitian ini juga, penulis menemukan bahwa seluruh prinsip piramida CSR sesuai dengan perspektif Islam. Motif perusahaan untuk membuat profit tidak bertentangan dengan ajaran Islam asal memperhatikan yang halal dan haram, tanggung jawab perusahaan untuk mengikuti hukum juga sesuai dengan Islam, bahkan Islam mempunyai hukum sendiri disamping harus mengikuti hukum pemerintah, tanggung jawab etika dan tanggung jawab kabajikan tentu saja mempunyai tempat dalam Islam, bahkan islam mewajibkan hal-hal tersebut. Adapun perbedaannya terletak pada keyakinan, karena tanggung jawab seorang Muslim bukan hanya tantang membuat hubungan dengan lingkungan dan masyarakat, tetapi juga tentang hubungan seorang hamba dengan Allah SWT. Selanjutnya penulis menyadari bahwa penelitian ini jauh dari kata sempurna, sehingga bisa dilengkapi atau bahkan disangkal kebenarannya. Tapi setidaknya penelitian ini dapat memberikan kontribusi keilmuan terhadap perkembangan hukum ekonomi Islam, khususnya dalam hal prinsip CSR yang Islam.
Item Type: | Thesis ( S1 Undergraduate ) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Syariah UNIDA Gontor > Hukum Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Enjllina Vita |
Date Deposited: | 05 Nov 2024 01:47 |
Last Modified: | 05 Nov 2024 01:47 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/4233 |
Statistics Downloads of this Document
View Item |