Anwar, Saiful (2011) آلية الترويج في منتجات المرابحة دراسة حالة في بنك التمويل الشرعي "المبرور" بابادن فونوروكو عام (۲۰۱۰). S1 Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DARUSSALAM GONTOR.
FILE TEXT (Saiful Anwar - HES - 2011)
Saiful Anwar - HES - 2011.pdf - Published Version Exclusive to Registered users only License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (99MB) |
Abstract
salah satu dari kegiatan pemasaran adalah Promosi yang menginformasikan akan suatu produk dan jasa yang terdapat di bank atau lembaga lainya, dari kegiatan tersebut maka bank atau lembaga lainya harus memiliki sasaran yang hendak dicapai seperti meningkatkan mutu pelayanan dan penyediaan ragam produk yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan nasabah, karna masyarakat cenderung berpaling ke produk lain. Adapun penelitian yang dilaksanakan di BPR Syariah Al-Mabrur ponorogo ini, bertujuan untuk mengetahui lebih lanjut bagaimana promosi yang di berikan BPR Syariah atas produknya, dan bagaimana mekanisme promosi pada produk murabahah, yang di berikan BPR Syari'ah Al-Mabrur, yang pada akhirnya akan menjadi khazanah keilmuan bagi penulis dan juga sumbangsih pemikiran bagi lembaga yang diteliti dalam upaya mengembangkan kualitas dan kuantitas mekanisme promosi pada produk murabahah. Penelitian ini merupakan studi kasus dengan pendekatan fhenomenological Approach. Guna pembahasan lebih mendalam sehingga mendapakan tujuan yang dimaksud, penulis juga berusaha mengumpulkan data-data baik primer maupun sekunder. Dalam pengumpulan data-data tersebut penulis menggunakan Metode Observasi (Obsevational Method) yang merupakan langkah awal untuk menjajaki melihat, dan mendapatkan data yang diperlukan dengan cara mengamati secara seksama buku-buku, dan sumber data yang lain. Kemudian untuk mengumpulkan data selanjutnya penulis menggunakan data Dokumenter (Documentary Method) dan metode wawancara (Interview Method). Setelah data terkumpul kemudian di analisis dengan mengunakan cara berfikir Induktif (Inductive Method) untuk menemukan konsep promosi produk murabahah menurut perbankan islam, yang bisa diaktualisasikan didalamnya, selanjutnya dibantu dengan cara berfikir Deduktif (Deductive Method) untuk menarik suatu kesimpulan. Agar analisa yang disampaikan lebih mendalam, penulis melanjutkan analisanya dengan menggunakan Teknik Analisa Isi (Critical Analysis Descriptive Method), guna mendapatkan konsep serta mekanisme yang jelas tentang promosi murabahah diperbankan syari'ah. Adapun hasil dari Penelitian ini yaitu menunjukkan, 1) bahwa promosi adalah informasi yang diberikan bank dalam memasarkan produknya tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara produk murabahah dan produk lainya yang di sediakan oleh BPR Syari'ah Al-Mabrur. 2) mekanisme promosi yang diberikan BPR Syari'ah Al-Mabrur belum berjalan secara optimal, hanya mengutamakan melalui omongan yang disampaikan oleh masyarakat yang sudah menjadi nasabah BPR Syari'ah Al-Mabrur, dan masyarakat tersebut, menginformasikan kembali kepada masyarakat lain. Berdasarkan penelitian diatas, peneliti memberikan saran kepada karyawan BPR Syari'ah Al-Mabrur untuk lebih meningkatkan strategi pemasaran dan promosi untuk meningkatkan mekanisme promosi sehingga mampu mengembangkannya secara optimal. Demikianlah kesimpulan yang dicapai oleh peneliti, tetapi itu semua masih banyak kekurangan dan jauh dari kesempurnaan. Maka diharapkan kepada pembaca dan peneliti selanjutnya untuk dapat menyempurnakan dan meneliti yang lebih mendalam. Dan hanya dari Allah-lah inayah serta taufiq, Amin.
Item Type: | Thesis ( S1 Undergraduate ) |
---|---|
Subjects: | 23rd Dewey Decimal Classification > 300 – Ilmu Sosial > 380 - Perdagangan, komunikasi, dan transportasi > 381 Perdagangan |
Divisions: | Fakultas Syariah UNIDA Gontor > Hukum Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Thoba Qolby |
Date Deposited: | 06 Nov 2024 03:09 |
Last Modified: | 06 Nov 2024 03:09 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/4267 |
Statistics Downloads of this Document
View Item |