Fathan Fadlilah, Muhammad (2018) PERAN STUDI AL ADYAN DI DALAM MENANAMKAN AQIDAH ISLAM PADA KELAS 5 KMI PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR PERIODE 20162017-. D4 Diploma thesis, University of Darussalam Gontor.
FILE TEXT
watermak_Fathan FIKS deal.pdf Download (5MB) |
Abstract
Pondok Modern Darussalam Gontor merupakan salah satu lembaga pendidikan Islam yang memperhatikan aqidah islam yang lurus dan studi tentang berbagai macam agama. Dan salah satu tujuan pengajaran Al Adyan di Pondok Modern Darussalam Gontor adalah mengetahui sisi persamaan dan perbedaan antara agama islam dengan agama lainnya di dunia ini untuk membuktikan kebenaran aqidah islam. Dan Bagian Kurikulum KMI Pondok telah menetapkan buku Al Adyan untuk kelas 5 KMI yang disusun oleh Drs. Imam Mukhtar, dan H. Ismail Abdullah Budi Prasetyo, S.Ag., dan Drs. Rif’at Husnul Ma’afi, M.Ag. untuk membantu menanamkan aqidah islam di dalam sanubari para murid, dan para siswa telah mempelajari ajaran-ajaran yang berbeda-beda dalam agama lain pada taraf kelas 5 KMI. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif lapangan tentang peran studi Al Adyan dalam penanaman aqidah islam pada kelas 5 KMI Pondok Modern Darussalam Gontor Periode 2016-2107. Dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peran studi Al Adyan dalam penanaman aqidah islam pada kelas 5 KMI Pondok Modern Darussalam Gontor periode 2016-2017. Untuk menentukan nilai dari kuesioner yang berhubungan dengan sikap dan pendapat siswa tentang peran studi Al Adyan dalam penanaman aqidah islam, peneliti menggunakan skala likert dalam mengukurnya, dan rumus dalam metode ini adalah p = f/n 100% × (p= persentase, f= frekuensi dari setiap jawaban, n= jumlah skor ideal). Metode yang digunakan oleh peneliti adalah metode deskriptif kualitatif yang merupakan metode untuk menggambarkan keadaan informasi, dan merupakan istilah untuk mengungkapkan data dan fenomena yang ada. Dan dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan psikologi agama yang merupakam salah satu cabang ilmu psikologi yang meneliti dan mempelajari tingkah laku manusia yang berhubungan dengan pengaruh kepercayannya dalam beragama. Peneliti mendapatkan data dalam penelitian ini dengan cara observasi, wawancara, dan pengajuan angket kuesioner, dan juga dokumentasi tentang rata-rata nilai ujian pelajaran Al Adyan dan materi pembelajaran di dalam KMI. Peneliti mengambil kesimpulan dalam penelitian ini dengan mewawancarai siswa kelas 6 KMI beserta pembimbingnya, pengajuan angket kuesioner kepada para siswa kelas 6 KMI, dan observasi langsung oleh peneliti, serta dokumentasi tentang nilai ujian pada pelajaran Al Adyan kelas 5 KMI. Hal diatas menunjukkan bahwa studi Al Adyan memiliki peran yang sangat besar dalam menanamkan aqidah islam tentang rukun iman dan ibadah seperti sholat fardhu secara berjamaah, sholat sunnah seperti sholat rowatib, sholat hajat, sholat dhuha, dan sholat tahajud, dan juga puasa sunnah seperti puasa senin kamis, dan puasa daud. Inilah hasil penelitian yang diperoleh oleh peneliti, dan peneliti berharap agar ada peneliti yang mengembangkan penelitian ini sehingga dapat menambahnya dan membuatnya semakin baik. Dan semoga penelitian ini dan memberikan manfaat bagi peneliti dan pembaca, dan peneliti berharap agar penelitian ini memberikan manfaat bagi siswa kelas 6 KMI dan para guru pengajar Al Adyan bagi kelas 5 KMI Pondok Modern Darussalam Gontor selama mereka berkecimpung dalam pengajaran Al Adyan sehingga memudahkan para siswa dalam memahami agamanya dan agama lain dengan pemahaman yang benar.
Item Type: | Thesis ( D4 Diploma ) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin UNIDA Gontor > Studi Agama Agama |
Depositing User: | Mr Muhammad Taufiq Riza |
Date Deposited: | 03 Nov 2020 02:28 |
Last Modified: | 01 Oct 2024 12:42 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/427 |
Statistics Downloads of this Document
View Item |