Search for collections on UNIDA Gontor Repository

استراتيجية التسويق في تنمية التمويل العقارى (دراسة الحالة ببنك معاملات فرع سراكين سنة (٢٠١٣)

Mufidah, Samrotul (2013) استراتيجية التسويق في تنمية التمويل العقارى (دراسة الحالة ببنك معاملات فرع سراكين سنة (٢٠١٣). S1 Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DARUSSALAM GONTOR.

[img] FILE TEXT (Samrotul Mufidah - HES - 2013)
Samrotul Mufidah - HES - 2013.pdf - Published Version
Exclusive to Registered users only
License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Rumah merupakan suatu kebutuhan primer sehingga memiliki rumah merupakan suatu dambaan bagi setiap orang. Sebagaimana yang kita ketahui bahwasanya rumah merupakan suatu barang yang mahal dan dalam pengeluaran yang besar bagi pendapatan suatu keluarga. Untuk itu, orang-orang berusaha memenuhinya dengan membangun rumah sendiri, membeli atau menyewanya dari pihak luar. Dengan keadaan masyarakat yang lebih menginginkan memiliki rumah dengan jangka waktu yang singkat maka perbankan membaca adanya peluang yang besar ini sehingga bank konvensional telah sejak lama memberikan berbagai macam jasa kredit pemilikan rumah sehingga banyak kalangan masyarakat yang berminat mengajukan pembiayaan rumah. Seiring berjalannya waktu bukan hanya perbankan konvensional saja yang dapat memberikan pelayanan jasa yang beragam dalam kredit pemilikan rumah tetapi dengan fenomena yang sedang terjadi bahwasanya pertumbuhan nasabah perbankan syariah sangat pesat, serta tingkat kepercayaan masyarakatpun semakin meningkat terutama untuk masyarakat yang ingin menghindari bunga. Dengan adanya peluang yang cukup besar ini maka perbankan syariahpun tidak ingin tertinggal dalam memberikan pelayanan jasa dalam pembiayaan pemilikan rumah, bahwasanya perbankan syariah telah siap bersaing dengan perbankan syariah lainnya termasuk dengan perbankan konvensional yang lama memberikan jasa kredit pemilikan rumah. Dengan adanya persaingan yang ketat antar perbankan, adanya kredit macet serta adanya berbagai macam problem maka perbankan mengalami banyak kesulitan dalam memasarkan produk pembiayaan pemilikan rumah. Menjadi hal yang menarik untuk diteliti, Maka timbul dibenak penulis untuk mengetahui strategi pemasaran pembiayaan pemilikan rumah di Bank Muamalat cabang Sragen. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan jenis kualitatif eksploratif, penulis juga berusaha mengumpulkan data-data baik primer maupun sekunder. Dalam mengumpulkan data-data tersebut penulis menggunakan metode dokumenter (written records) dan metode wawancara (interview method). Setelah data terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan cara berfikir induktif (inductive method), untuk menemukan strategi pemasaran dalam pembiayaan pemilikan rumah di bank Muamalat Sragen, selanjutnya dibantu dengan cara berfikir deduktif (deductive method) untuk menarik suatu kesimpulan. Agar analisa yang disampaikan lebih mendalam. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa Strategi Pemasaran Pembiayaan Pemilikan Rumah di Bank Muamalat Sragen adalah, menggunakan metode marketing mix yaitu dengan prinsip- prinsip four P: Produk, Price, Place atau distribution dan Promotion. Dengan menggunakan marketing mix ini segmen pasar yang dituju lebih mudah digapai, sehingga produk pembiayaan pemilikan rumah lebih mudah dipasarkan, Dan juga menggunakan prinsip people dan Process. Penulis menyadari bahwa penelitian ini masih jauh dari kesempurnaan bagi para ilmuan tentang strategi pemasaran pembiayaan pemilikan rumah Perbankan Islam khususnya di Bank Muamalat Sragen. Namun ini hanyalah penelitian sederhana yang di dalamnya terdapat kekurangan dan butuh pembahasan lebih mendalam. Dan, harapan kepada penulis selanjutnya untuk meneliti hal ini lebih mendalam. Penulis berharap adanya masukan konstruktif, dan semoga hasil penelitian ini dapat berguna bagi penulis khususnya, segenap pembaca, dan para petugas perbankan pada umumnya untuk lebih mengembangkan produk pembiayaan pemilikan rumah. Wallahu a'lamu bishawab.

Item Type: Thesis ( S1 Undergraduate )
Subjects: 23rd Dewey Decimal Classification > 300 – Ilmu Sosial > 330 - Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan
Divisions: Fakultas Syariah UNIDA Gontor > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Thoba Qolby
Date Deposited: 06 Nov 2024 03:31
Last Modified: 06 Nov 2024 03:31
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/4272

Statistics Downloads of this Document

Downloads per month in the last year

View more statistics

 View Item View Item