Apriadi, Samsul (2013) استراتيجية تسويق تمويل المضاربة دراسة المقارنة في بنك ما ندري الشرعي وبنك معاملات فونوروكو عام ۲۰۱۲ (م). S1 Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DARUSSALAM GONTOR.
FILE TEXT (Samsul Apriadi - HES - 2013.)
Samsul Apriadi - HES - 2013.pdf - Published Version Exclusive to Registered users only License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) |
Abstract
Bank Syariah Mandiri dan Bank Muamalat cabang pembantu Ponorogo memiliki beberapa produk pembiayaan diantaranya adalah mudharabah. Dalam pelaksanaannya, mudhorabah sebagai produk pembiayaan bagi hasil yang keuntungannya dibagi sesuai dengan akad yang sudah disepakati antara pemilik modal dan pengelola, dan tentunya bersandarkan pada dalil-dalil Al-Quran dan hadist. Perbankan Islam menggunakannya untuk investasi harta. Dan mudharabah yang diaplikasikan dalam Perbankan Islam memiliki 2 dimensi, yang pertama penghimpunan dana, dan yang kedua penyaluran dana. Seiring berjalannya waktu Bank Syariah Mandiri dan Bank muamalat Ponorogo, mempunyai perbedaan pendapatan yang sangat signifikan, dan memiliki berbagai macam nasabah yang menggunakan produk mudhorabah diantaranya adalah komunitas komunitas dan pengusaha. Menjadi hal yang menarik untuk diteliti, maka timbul dibenak penulis untuk mengetahui strategi pemasaran produk mudharabah di Bank Syariah Mandiri Ponorogo. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan jenis Kualitatif Eksploratif, penulis juga berusaha mengumpulkan data-data baik primer maupun sekunder. Dalam mengumpulkan data-data tersebut penulis menggunakan Metode Observasi (Observation Method) yang merupakan langkah awal untuk menjajaki, melihat, dan mendapatkan data yang diperlukan dengan cara mengamati secara seksama buku-buku, transaksi perbankan, dan sumber data yang lain. Kemudian untuk mengumpulkan data selanjutnya penulis menggunakan Metode Dokumenter (Written Records) dan Metode Wawancara (Interview Method). Setelah data terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan cara berfikir Induktif (Inductive Method) untuk menemukan konsep musyarakah menurut Perbankan Islam, yang bisa diaktualisasikan didalamnya, selanjutnya dibantu dengan cara berfikir Deduktif (Deductive Method) untuk menarik suatu kesimpulan. Agar analisa yang disampaikan lebih mendalam penulis melanjutkan analisanya dengan menggunakan tekhnik analisa komparatif (comparative Method), guna menemukan perbedaan dan persamaan strategi pemasaran produk Mudhorabah di Perbankan Islam. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa Strategi Pemasaran Mudharabah di Bank Syariah Mandiri dan Bank Muamalat Ponorogo adalah, menggunakan metode marketing mix yaitu dengan prinsip-prinsip four P: Produk, Price, Place atau People dan Promotion. Dengan menggunakan marketing mix ini segmen pasar yang di tuju lebih mudah digapai, sehingga produk mudhorabah lebih mudah dipasarkan, Strategi Pemasaran yang di gunakan di Bank Syariah Mandiridan Bank Muamalat Ponorogo adalah dengan menggunakan beberapa proses rumusanya itu, Penentuan target market, Pemilihan program pemasaran, Menjemput nasabah, Penawaran produk, Closing. Perbedaan dan persamaanya Bank Syariah Mandiri lebih mengutamakan Price dan menjemput nasabah. Bank Muamalat lebih mengutamakan Produk, dan menjemput nasabah, Penulis menyadari bahwa penelitian ini masih jauh dari kesempurnaan bagi para ilmuan tentang strategi pemasaran mudharabah dalam Perbankan Islam. Namun ini hanyalah penelitian sederhana yang di dalamnya terdapat kekurangan dan butuh pembahasan lebih mendalam. Dan, harapan kepada penulis selanjutnya untuk meneliti hal ini lebih mendalam. Penulis berharap adanya masukan konstruktif, dan semoga hasil penelitian ini dapat berguna bagi penulis khususnya, segenap pembaca, dan para petugas perbankan pada umumnya untuk lebih mengembangkan sistem pemasaran mudharabah. Wallahu a'lamu bishawab.
Item Type: | Thesis ( S1 Undergraduate ) |
---|---|
Subjects: | 23rd Dewey Decimal Classification > 300 – Ilmu Sosial > 330 - Ekonomi > 336 Keuangan publik |
Divisions: | Fakultas Syariah UNIDA Gontor > Hukum Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Thoba Qolby |
Date Deposited: | 06 Nov 2024 03:36 |
Last Modified: | 06 Nov 2024 03:36 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/4273 |
Statistics Downloads of this Document
View Item |