Search for collections on UNIDA Gontor Repository

استراتيجية زيادة الرغبة للعملاء في استثمار المشاركة (دراسة حالة في المؤسسة المالية الإسلامية بووانا كارتيكا مارنجان سیمارنج (۲۰۱۳)

Hidayah, Supriani Nur (2013) استراتيجية زيادة الرغبة للعملاء في استثمار المشاركة (دراسة حالة في المؤسسة المالية الإسلامية بووانا كارتيكا مارنجان سیمارنج (۲۰۱۳). S1 Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DARUSSALAM GONTOR.

[img] FILE TEXT (Sepriani Nur Hidayah - HES - 2013)
Sepriani Nur Hidayah - HES - 2013.pdf - Published Version
Exclusive to Registered users only
License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (77MB)

Abstract

Lembaga keuangan Islam Buana Kartika memiliki peran penting di daerah Mranggen. Letaknya yang strategis yang berada diperbatasan Mranggen sangat memudahkan nasabah dalam melakukan penarikan dan penyimpanan dananya. Walaupun tak hanya satu BMT yang berdiri disekitar Mranggen, namun LKI Buana Kartika ini selalu mengalami kenaikan dalam jumlah nasabahnya terlebih dalam pembiayaan. Dan dari data terakhir yang diperoleh pada tahun 2012 jumlah nasabah pinjaman mencapai 1672 dan jumlah ini bukanlah jumlah yang sedikit bagi LKI. Dan karena adanya penambahan yang terus meningkat tersebut, peneliti ingin membahas tentang Strategi peningkatan minat nasabah dalam Investasi Musyarakah di Lembaga Keuangan Islam Buana Kartika Mranggen Semarang. Masalah utama dari penelitian ini adalah mendeteksi pengertian strategi dan minat nasabah menurut LKI Buana Kartika, dan juga pelaksanaan daripada strategi yang terdapat di LKI Buana Kartika tersebut. Dan untuk sampai pada tujuan yang di inginkan peneliti menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif eksploratif. Dan untuk metode yang di gunakan peneliti dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan metode dokumentasi, wawancara dan penulisan dokumentasi. Dan Analisis Data dalam penelitian ini akan dilakukan dalam 2 tahap. Yaitu tahap pertama yaitu metode Deduktive yaitu mengambil intisari dari yang umum menjadi yang khusus, dan tahap kedua dengan menggunakan Induktive yaitu mengambil intisari dari yang khinsus menjadi yang umum. Dengan menggunakan metode diatas dari penelitian yang dileliti dapat diambil kesimpulan tentang pengertian Strategi di Lembaga Keuangan Islam Buana Kartika yaitu adalah cara LKI menempatkan dirinya dalam masyarakat Mranggen dan membuat mereka merasa aman untuk menyimpan uang mereka di lembaga dan mempermudah mereka dalam mengunjungi tempat ini. Yang dimaksud dengan minat nasabah adalah keinginan nasabah untuk menabung atau menginvestasikan uang dengan kepercayaan penuh terhadap Lembaga Keuangan Islam dalam menjaga harta mereka sepenuhnya, dan mempermudah mereka dalam melakukan transaksi di Lembaga Keuangan Islam. Dan untuk pelaksanaan strategi yang dilakukan di Lembaga Keuangan Islam Buana Kartika adalah sebagai berikut: a) Dengan terjun langsung ke lapangan (on the spot), hal ini dilakukan pada kali pertama LKI buana kaartika didirikan, untuk menarik nasabah. b) Melakukan Sosialisasi umum. c) Promosi. d) Manajemen waktu. e) Menerapkan syariah Islam dengan bebas riba. Penulis menyadari bahwa ini hanyalah penelitian sederhana yang didalamnya masih banyak kekurangan tentang strategi peningkatan minat nasabah di LKI khususnya di LKI Buana Kartika, dan butuh pemahasan yang lebih mendalam. Penulis berharap adanya masukan, dan semoga hasil penelitian ini dapat berguna bagi penulis, pembaca, dan para petugas LKI Buana Kartika untuk lebih meningkatkan strategi mereka dalam musyarakah. Wallahu a'lamu Bishawab

Item Type: Thesis ( S1 Undergraduate )
Subjects: 23rd Dewey Decimal Classification > 300 – Ilmu Sosial > 330 - Ekonomi > 336 Keuangan publik
Divisions: Fakultas Syariah UNIDA Gontor > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Thoba Qolby
Date Deposited: 06 Nov 2024 04:05
Last Modified: 06 Nov 2024 04:05
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/4277

Statistics Downloads of this Document

Downloads per month in the last year

View more statistics

 View Item View Item