Search for collections on UNIDA Gontor Repository

مشکلات ترجمة اللغة العربية إلى اللغة الإندونيسية في تعليم اللغة العربية لطلاب صف العاشر ومحاولات المدرسين والطلاب عليها في المدرسة العالية "معارف" في معهد هداية المبتدئين كليكو (Klego) فونوروكو العام الدراسی ۲۰۱۱-۲۰۱۲

Jalaludin, Ahmad (2012) مشکلات ترجمة اللغة العربية إلى اللغة الإندونيسية في تعليم اللغة العربية لطلاب صف العاشر ومحاولات المدرسين والطلاب عليها في المدرسة العالية "معارف" في معهد هداية المبتدئين كليكو (Klego) فونوروكو العام الدراسی ۲۰۱۱-۲۰۱۲. S1 Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DARUSSALAM GONTOR.

[img] FILE TEXT (Ahmad Jalaludin - 2012)
Ahmad Jalaludin - PBA - 2012.pdf - Published Version
Exclusive to Registered users only
License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (131MB)

Abstract

Madrasah aliyah "ma'arif" merupakan salah satu lembaga pendidikan islam yang ada di desa klego kabupaten ponorogo. Madrasah aliyah" ma'arif" klego sebagaimana yayasan Nahdatul Ulama tempat bernaung yang menggunakan metode "Metode Salafiyah" dengan pengertian adalah yang artinya tetap melestarikan metode lama yang baik dan mengambil metode yang baru yang lebih baik. Dan bahasa arab merupakan materi pelajaran yang dipelajari siswa di sekolah ini. Pembelajaran bahasa Arab merupakan salah satu proses penyajian materi pelajaran bahasa arab oleh guru kepada siswa dengan tujuan agar dapat menerima, menguasai dan mengembangkan bahasa Arab di sekolah. Sebagian besar siswa yang mempelajari bahasa arab. di sekolah ini mengalami kesulitan didalamnya. Hal tersebut karena adanya latar belakang pendidikan siswa, sebagian yang merupakan keluaran dari MTs dan ada sebagian siswa dari SMP. Dari kesulitan yang dialami siswa adalah kesulitan dalam penerjemahan bahasa arab ke dalam bahasa Indonesia pada pelajaran bahasa arab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika pembelajaran bahasa arab di madrasah aliyah "ma'arif" klego ponorogo, problematika penerjemahan bahasa arab ke dalam bahasa Indonesia pada pelajaran bahasa arab, serta usaha yang dilakukan siswa dan guru untuk mengatasi kesulitan penerjemahan bahasa arab ke dalam bahasa Indonesia pada pelajaran bahasa arab di sekolah aliyah" ma'arif" di pondok pesantren hidayatul Mubtadiin klego ponorogo tahun ajaran 2011-2012. Untuk mengumpulkan data-data, maka jenis penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian Kualitatif Deskriptif. Dan untuk mencapai tujuan di atas penulis menggunakan metode interview, observasi dan dokumentasi dalam pengumpulan data, kemudian menggunakan metode Miles dan Hiberman untuk mengambil kesimpulan dari data yang didapat. Dengan metode. Deskriptif, maka penulis memaparkan data tersebut. Dari hasil penelitian, dapat diketahui bahwasanya problematika pembelajaran bahasa arab di sekolah aliyah "ma'arif" klego ponorogo adalah kesulitan dalam mencari guru bahasa arab yang khusus, sedikitnya kemauan siswa dalam belajar bahasa arab dan penerjemahannya, kurangnya buku-buku pelajaran dalam bahasa Arab. Dan kesulitan penerjemahan bahasa arab ke dalam bahasa Indonesia pada pelajaran bahasa arab di sekolah itu ada dua factor yaitu factor linguistic dan factor non-linguistik. Dan usaha yang dilakukan guru dan siswa untuk mengatasi kesulitan penerjemahan bahasa arab ke dalam bahasa Indonesia pada pelajaran bahasa arab di sekolah tersebut. Usaha guru adalah 1) guru menyarankan siswa memiliki kamus bahasa arab-indonesia, 2) menyaran siswa untuk membaca buku bahasa arab. Usaha siswa adalah 1) mengusahakan untuk memiliki kamus bahasa arab-indonesia, 2) menghafal kosakata bahasa arab. Dengan hasil tersebut, maka penulis menyarankan bagi para pengajar bahasa arab, agar memperluas pengetahuan mereka tentang hal-hal yang berkaitan dengan penerjemahan pada pelajaran bahasa arab tersebut dan dapat memilih metode yang sesuai dengan kelasnya, mempelajari dan mendalami buku-buku tentang penerjemahan sebagai bekal dalam mencari metode yang efektif ketika pembelajaran bahasa arab, dan guru mengikuti pelatihan-pelatihan penerjemahan bahasa arab ke dalam bahasa Indonesia agar bias diterapkan dalam proses belajar mengajar di sekolah tersebut.

Item Type: Thesis ( S1 Undergraduate )
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mr Muhammad Taufiq Riza
Date Deposited: 09 Nov 2024 02:52
Last Modified: 09 Nov 2024 02:52
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/4348

Statistics Downloads of this Document

Downloads per month in the last year

View more statistics

 View Item View Item