Rifa'i, Ahmad (2014) محاولات مسؤولي إحياء اللغة المركزي في ترقية مهارة الكلام العربي لمحركي اللغة في مساكن الطلبة بمعهد دار السلام كونتور للتربية الإسلامية الحديثة فونوروكو السنة الدراسية: ١٤٣٤-١٤٣٥ هـ. S1 Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DARUSSALAM GONTOR.
FILE TEXT (Ahmad Rifa'i)
Ahmad Rifa'i - PBA - 2014.pdf - Published Version Exclusive to Registered users only License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (107MB) |
Abstract
Manusia dan bahasa memiliki keterkaitan yang erat. Kemampuan menggunakan bahasa adalah dasar kesuksesan manusia. Dengan bahasa, manusia mampu berkomunikasi satu dengan yang lainnya dan mampu menyampaikan maksud, tujuan, keinginan serta perasaannya terhadapa orang lain. Manusia merupakan ciptaan Allah yang paling sempurna diantara makhluk yang lainnya dan bahasalah yang menjadi pembeda antara manusia dengan makhluk Allah yang lainnya. Mempelajari bahasa Arab merupakan suatu kewajiban bagi seorang muslim karena menyebarkan bahasa Arab serta mempelajarinya merupakan suatu kewajiban agama dan peradaban bagi seluruh umat muslim di dunia karena bahasa Arab merupakan bahasa Al-qur'an dan Hadits yang dengannya seorang muslim dapat memahami syari'at islam dengan baik dan sempurna. Pondok Modern Darussalam Gontor dengan metode pengjarannya yang dikenal dengan "direct method" mendidik santri-santrinya agar dapat menguasai 4 kempampuan dasar dalam mempelajari bahasa asing, yaitu: kemampuan mendengar, berbicara, menulis dan membaca. Diwajibkan kepada seluruh santri pondok Modern Darussalam Gontor agar selalu menggunakan bahasa Arab dan Inggris dalam percakapan sehari-hari, guna mencapai kecakapan dalam berbicara bahasa Arab dan Inggris. Kemudian agar disiplin bahasa terjaga dan untuk meningkatkan kemapuan santri berbahasa, dibentuklah penganggung jawab penggerak bahsa. Untuk penanggung jawab disiplin bahasa pondok keseluruhan ada yang namanya PENGGERAK BAHASA PUSAT, dan untuk penganggung jawab disiplin bahasa di rayon-rayon ada yang namanya PENGGERAK BAHSA RAYON. Dua bagian inilah yang paling berpengaruh dalam menjaga dan meningkatkan disiplin bahasa di Pondok. Berdasarkan latar belakang diatas, secara umum penelitian ini bertujuan untuk (1) merealisasikan metode pengjaran bahasa Arab di rayon (2) mengetahui usaha-usaha yang dilakukan penggerak bahasa pusat dalam meningkatkan kecakapan dalam berbahasa Arab untuk penggerak bahasa di rayon pondok Mondern Darussalam Gontor ponorogo Jawa Timur Indonesia tahun Ajaran 1434-1435. Jenis penelitian ini adalah studi lapangan dengan jenis kualitatif yang bersifat deskritif-Analitis. Data dikumpulkan dengan (1) Metode dokumentasi, (Metode Observasi dan (3) metode wawancar, sedangkan analisis datanya menggunakan analisis data kualitatif milik spadley yaitu analisis domain dan taksonomi. Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa metode pembelajaran bahasa arab yang efektif di rayon guna meraih kecakapan berbicara bahasa arab adalah sebagaima- mana metode pembelajaran bahasa Arab di kelas yaitu menggunakan "direct method" yaitu sebuah metode yang mana dalam pembelajaran bahasa Arab Guru tidak menggunakan cara dengan menterjemahkan akan tetapi langsung mempraktekan maksud dari sesuatu. Dan Usaha-usaha pengerak bahasa pusat sangat mempengaruhi guna meningkatkan kecakapan berbicara penggerak bahasa dirayon yang mereka merupakan teladan utama bagi anggota-anggotanya di rayon. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti mengharap kepada seluruh penggerak bahasa pusat agar sungguh-sungguh dalam uapaya meningkatkan kecakapan berbicara bahasa Arab untuk penggerak bahasa di rayon-rayon.
Item Type: | Thesis ( S1 Undergraduate ) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Mr Muhammad Taufiq Riza |
Date Deposited: | 09 Nov 2024 03:06 |
Last Modified: | 09 Nov 2024 03:06 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/4351 |
Statistics Downloads of this Document
View Item |