Baston, Mochammad (2013) أثر التسعير في الطلب دراسة حالة في حانوت سيدوسو بماجيلانج سنة (٢٠١٣). S1 Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DARUSSALAM GONTOR.
FILE TEXT (Mochammad Baston - HES - 2013)
Mochammad Baston - HES - 2013.pdf - Published Version Exclusive to Registered users only License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (71MB) |
Abstract
Teori ekonomi yang dikembangkan Barat membatasi analisisnya dalam jangka pendek, yakni hanya sejauh bagaimana manusia memenuhi keinginannya saja. Tidak ada analisis yang memasukkan nilai-nilai moral dan sosial. Analisis hanya dibatasi pada variabel-variabel pasar semata seperti harga, pendapatan, selera dan sebagainya. Variabel-variabel lain seperti variabel nilai moral seperti kesederhanaan, keadilan, sikap mendahulukan orang lain dan sebagainya tidak dimasukkan. Padahal Islam telah mengatur tentang konsumsi dan bagaimana hal tersebut berpengaruh terhadap hukum permintaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga terhadap permintaan konsumen di Minimarket Sedoso yang terletak di Kabupaten Magelang Jawa Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan Minimarket Sedoso. Metode pengambilan sampel menggunakan sampel acak sederhana dengan sampel sebanyak 35 responden. Analisis data menggunakan teknik analisis regresi sederhana dengan SPSS 19.0 sebagai alat analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel harga tidak terlalu berpengaruh dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini berdasarkan nilai F hitung yang sebesar 0,044 dengan nilai F table, dan membandingkan antara nilai Sig dan alpha (0,05). Nilai F table diperoleh dengan mencari pada table F dengan v1 dan v2 33 diperoleh nilai F table 4,17. Dengan nilai F hitung yang lebih kecil dari F table dan nilai sig (0,836) lebih besar dari alpha, maka kesimpulan yang dapat diambil adalah H, diterima, maka Ho yang menyatakan "tidak ada hubungan yang signifikan antara harga dan peningkatan permintaan konsumen di Minimarket Sedoso" diterima. Sistem penetapan harga yang berlaku di Minimarket Sedoso adalah menambah 10% dari harga distributor ditambah 10% untuk pajak. Akhirnya semoga Allah senantiasa melimpahkan rahmat-Nya kepada segenap hambanya yang selalu berusaha mendapatkan yang halal untuk dirinya dan keluarganya, amin.
Item Type: | Thesis ( S1 Undergraduate ) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Syariah UNIDA Gontor > Hukum Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Enjllina Vita |
Date Deposited: | 09 Nov 2024 03:09 |
Last Modified: | 09 Nov 2024 03:09 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/4357 |
Statistics Downloads of this Document
View Item |