Al biruni, Muhammad Rayban (2015) العلاقة بين إنجاز تعلم تمرين اللغة العربية نحو كفاءة قراءة النصوص العربية لطلاب الفصل الثالث بمعهد الايمان للبنين سوكوريجو فونوروكو العام الدراسي : ١٤٣٥ - ١٤٣٦ هـ. S1 Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.
FILE TEXT (Muhammad Rayhan Al Biruni - PBA - 2015)
Muhammad Rayhan Al Biruni - PBA - 2015.pdf - Published Version Exclusive to Registered users only License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
Pondok Pesantren Al-iman Putra Sukorejo Ponorogo, menjadikan bahasa Arab sebagai salah satu bahasa pengantar dalam kesehariannya. Dengan kemampuan bahasa Arab tersebut, dapat menjadi kunci bagi para santri untuk memahami sumber-sumber islam dan khazanah pemikiran islam. Demi menciptakan lingkungan bahasa yang baik, maka diadakanlah pengajaran bahasa Arab secara formal dan informal, yang mendukung kemajuan berbahasa asing baik secara lisan, tulisan, atau menyimak. Tamrinu Al-lughah Al- 'Arabiyah merupakan bidang studi bahasa Arab yang diperuntukkan bagi kelas 1,2,3,4 yang diajarkan secara formal dalam kelas. Sedangkan salah satu kegiatan informalnya adalah membaca bacaan berbahasa Arab di asrama, di kelas maupun di perpustakaan yang akan diuji secara lisan. Akan tetapi, terdapat sebagian santri yang mendapatkan nilai rendah pada ujian membaca nushus Arab, dikarenakan kurangnya dalam menghafal kosa kata Arab sehingga susah baginya ketika membaca nushus Arab. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan prestasi belajar Tamrinu Al-Lughah Al- Arabiyah santri kelas 3, mendeskripsikan kemampuan membaca nushus Arabiyah dan menjelaskan ada tidaknya hubungan antara prestasi Belajar Tamrinu Al-Lughah Al-Arabiyah Terhadap Kemampuan Membaca Nushus Arabiyah Santri Kelas 3 Pondok Pesantren Al-iman Putra Sukorejo Ponorogo Tahun Ajaran 1435-1436 Η. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kuantitatif yang menjadikan santri kelas 3 pondok pesantren Al iman putra dengan jumlah 23 siswa sebagai populasi. Pengambilan sampel ditentukan dengan sampling jenuh yaitu mengambil semua populasi yang ada dikarenakan jumlahnya kurang dari 30 orang, sedangkan pengumpulan data menggunakan metode tes dan metode dokumentasi, sementara pengolahan data menggunakan teknik analisa korelasi kontingensi. Hasil akhir penelitian menunjukkan, 1) Prestasi pelajaran Tamrinu Al-lughah Al-'Arabiyah santri kelas 3 Pondok Pesantren Al iman Putra cukup. 2) Kemampuan membaca nushus arabiyah santri kelas 3 Pondok Pesantren Al iman putra cukup. 3) Ada hubungan antara prestasi Belajar Tamrinu Al-lughah Al- Arabiyah Terhadap Kemampuan Membaca nushus arabiyah Siswa kelas 3 pondok pesantren Al iman putra Sukorejo Ponorogo Tahun Ajaran 1435-1436 H. Kesimpulan ini berdasarkan hasil analisa yang menunjukkan bahwa C (Cofficient Contingency) pada phi adalah 0,426 Setelah dikonsultasikan dengan tabel nilai "Y" product Moment, dengan df sebesar 21 pada taraf signifikan 5% adalah 0,413. Ternyata nilai o lebih besar daripada angka table 0,426 0,413. Hasil tersebut menunjukkan bahwa hubungan antara prestasi belajar Tamrinu Al-lughah Al-'Arabiyah terhadap kemampuan membaca nushus santri kelas 3 pondok pesantren Al iman putra Sukorejo Ponorogo Tahun Ajaran 1435-1436 H Sedang. Sehingga hipotesis Alternatif yang diajukan oleh peneliti bahwasanya ada hubungan antara prestasi belajar Taurinu Al-lughah Al-'Arabiyah terhadap kemampuan membaca nushus arabiyah santri kelas 3 pondok pesantren Al iman putra Sukorejo Ponorogo Tahun Ajaran 1435-1436 H diterima. Berdasarkan penelitian tersebut, Peneliti menyarankan beberapa hal: 1)Kepada yang terhormat pimpinan kulliyatul mu'allimin al-islamiyyah pondok pesantren Al-iman putra agar meningkatkan kualitas pengajaran bahasa arab. 2) Kepada para pengajar Tamrinu Al-lughah Al-Arabiyah, khususnya para wali kelas agar menguasai materi dalam pengajarannya dan memperbanyak latihan pada pelajaran ini. 3) Kepada para penggerak bahasa bagian CLI agar meningkatkan disiplin bahasa santri demi meningkatkan kemampuan bahasa mereka 4) Kepada para Pembina agar memperhatikan para anggotanya dalam peningkatan bahasa mereka dan membiasakan mereka agar selalu memakai kosa kata yang benar dan memudahkan mereka membaca nushus Arab. 5) Kepada para peneliti selanjutnya agar melengkapi penelitian ini hingga sempurna.
Item Type: | Thesis ( S1 Undergraduate ) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Enjllina Vita |
Date Deposited: | 11 Nov 2024 03:34 |
Last Modified: | 11 Nov 2024 03:34 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/4451 |
Statistics Downloads of this Document
View Item |