Hasanah, Muwahidah Nur (2009) تعليم مواد التربية الإسلامية للأطفال المبكرين بمدرسة "السكينة" للأطفال التابعة PAS بسامبيرجو مانتجان نجاوي العام الدراسی: ۲۰۰۸-۲۰۰۹. S1 Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.
FILE TEXT (Muwahidah Nur Hasanah - PAI - 2009)
Muwahidah Nur Hasanah - PAI - 2009.pdf - Published Version Exclusive to Registered users only License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) |
Abstract
Play Group Pesantren Anak Sholeh As-Sakinah merupakan sekolah kelompok bermain terarah yang mengajarkan pendidikan agama Islam yang berdasarkan pedoman nilai Al-Qur'an dan Sunah. Lembaga ini yang membekali mereka dengan pengetahuan ilmu-ilmu dasar materi pendidikan agama Islam dan mengenalkan kepadanya dengan pengetahuan materi pendidikan agama Islam, serta mengembangkan kemampuan mental, jasmani, dan rohani serta kreatifitas. Adapun materi pembelajaran pendidikan agama Islam di Pesantren Anak Sholeh As-Sakinah adalah materi Aqidah, Akhlak, Ibadah. Anak yang masuk di lembaga ini dari umur 2-5 tahun dan anak usia ini membutuhkan materi pendidikan agama Islam karena di dalamnya terdapat nilai-nilai ajaran pendidikan agama Islam untuk membentuk pribadi anak berakhlaq mulia dan terpuji dengan harapan agar terhindar dari kemorosotan moral dan dunia global saat ini. Untuk itu penelitian ini berusaha mengungkapkan pembelajaran materi pendidikan agama Islam untuk anak usia dini di Pesantren Anak Sholeh As-Sakinah Sambirejo, Mantingan, Ngawi. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengungkapkan tujuan pembelajaran materi pendidikan agama Islam pada usia dini di Pesantren Anak Sholeh As-Sakinah, (2) mengungkapkan materi pendidikan agama Islam yang diajarkan untuk anak usia dini di Pesantren Anak Sholeh As-Sakinah, (3) mengungkapkan metode pembelajaran materi pendidikan agama Islam untuk anak usia dini di Pesantren Anak Sholeh As-Sakinah, (4) mengungkapkan penelitian materi pendidikan agama Islam untuk anak usia dini di Pesantren Anak Sholeh As-Sakinah. Penelitian ini adalah termasuk kedalam peneliti deskriptif kualitatif. Untuk menyaring data digunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif untuk menggambarkan kondisi sekolah Pesantren Anak Sholeh As-SAkinah, dilanjutkan dengan analisis model Alir dari Miles dan Huberman (1984) yang mencakup 3 langkah dalam penelitian, yaitu (1) data reduction. (2) data display. (3) conclution. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) tujuan pembelajaran materi pendidikan agama Islam untuk anak usia dini di Pesantren Anak Sholeh As-Sakinah adalah memberikan dasar pengenalan tauhid, membekali anak dengan pedoman Al- Qur'an dan Sunah agar terbentuk pribadi yang unggul memiliki aqidah yang benar berakhlak mulia, berpengetahuan luas, gemar beramal sholeh dan membantu perkembangan fisik, psikis, intelektual, serta sosial yang searah dengan perkembangan anak dan syari'at agama Islam. (2) materi pendidikan agama Islam yang diajarkan untuk anak usia dini di Pesantren Anak Sholeh As-Sakinah adalah aqidah dan akhlak, ibadah, membaca buku tilawati juz 1 dan 2, al-qur'an, hadits, do'a-do'a, siroh. (3) metode pembelajaran materi pendidikan agama Islam untuk anak usia dini di Pesantren Anak Sholeh As-Sakinah yaitu metode deduktif, metode induktif, metode, tanya jawab dan latihan. (4) penilaian materi pendidikan agama Islam untuk anak usia dini di Pesantren Anak Sholeh As-Sakinah yaitu nilai semester. Berdasarkan hasil penelitian tersebut peniliti menyarakan kepada guru pengajar materi pendidikan agama Islam pada anak usia dini di Pesantren Anak Sholeh As-Sakinah lebih memberikan bimbingan dan perhatian yang sungguh-sungguh sehingga dapat membantu dalam pertumbuhan dan perkembangan dari segi cognitive, afektif, psikomotorik.
Item Type: | Thesis ( S1 Undergraduate ) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur Insani |
Date Deposited: | 11 Nov 2024 04:27 |
Last Modified: | 11 Nov 2024 04:27 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/4462 |
Statistics Downloads of this Document
View Item |