Triyono, Triyono (2007) أثرر الإعلان في رفع حجم المبيعات دراسة حالة في مكتبة لا تنس فونور کو سنه (۲۰۰۷). S1 Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.
FILE TEXT (Triyono - HES - 2007)
Triyono - HES - 2007.pdf - Published Version Exclusive to Registered users only License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (10MB) |
Abstract
Manusia demi memenuhi kebutuhan hidupnya akan berusaha untuk dapat mendapatkan pekerjaan, dan pekerjaan itu pun beragam jenis dan bentuknya. Diantara berbagai jenis dan bentuk usaha yang dilakukan manusia adalah berdagang. Berdagang seperti yang disebutkan dalam hadits nabi merupakan salah satu mata pencaharian yang paling baik, apabila tidak disertai dengan unsur-unsur yang tercela. Toko Buku LA-Tansa adalah merupakan salah satu unit usaha millik Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo Jawa Timur yang dibangun demi mencapai kemandiriannya dalam segi finansial selain juga sebagai sarana dakwah Islamiyah melalui bidang ekonomi. Sebagaimana layaknya satu unit usaha maka Toko Buku LA-TANSA juga berusaha agar bisa memaksimalkan usahanya. Untuk ini usaha yang dilakukan diantaranya adalah dengan mengadakan iklan di radio untuk meningkatkan volume penjualannya. Iklan merupakan salah satu bentuk usaha pemasaran untuk mengenalkan suatu produk tertentu dari suatu pabrik atau unit usaha kepada masyarakat agar dikenal, dengan harapan masyarakat akan banyak mengkonsumsinya atau banyak yang berbelanja ke tempat unit usaha tersebut. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah iklan yang selama ini telah dilakukan oleh toko buku LA-TANSA mempunyai pengaruh terhadap volume penjualannya atau tidak, da jikalu ada sampai sejauh mana pengaruhnya. Untuk mencapai tujuan tersebut diatas maka penulis mengadakan penelitian lapangan (kuantitatif) dengan pendekatan study kasus (case study), yaitu study eksploratif analitis yang cermat dan intensif terhadap toko buku LA-TANSA Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo Jawa Timur, dan untuk mendapatkan data yang berkaitan dengan kegiatan iklan yang dilakukan oleh toko buku LA-TANSA maka penulis menggunakan metode observasi dan questionnaire dengan mengambil sample 10% dari pelanggan Toko Buku LA-TANSA atau sebanyak 80 orang. Untuk mendapatkan data tentang toko Buku LA-TANSA yang berkenaan dengan kegiatan iklannya dan volume penjualannya maka penulis menggunakan metode documentary, sedangkan pemecahannya menggunakan metide deductive dan induktif. Kemudian dalam penghitungan dan pembuktian hipotesanya maka digunakan metode Correlative Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan volume penjualan. Dalam pembuktian hipotesis yang diajukan didapatkan nilai "t"tabel sebesar 0.217 dengan tingkat signifikansi 5% dan derajat kebebasan 78, dan "t" hitungnya adalah 0.022 yang berarti ini lebih kecil dari "I"tabel -nya maka H, yang menyatakan "tidak ada hubungan yang signifikan antara iklan dan peningkatan volume penjualan di Toko Buku LA-TANSA" diterima. Inilah bahasan sederhana yang dituangkan dalam sebuah penelitian lapangan dimana masih dirasa banyak kekurangan. Penulis berharap semoga setelah ini timbul minat dari penulis selanjutnya yang lebih kuat dan mampu untuk memecahkan berbagai kekurangan yang ada dalam bahasan ini. Akhirnya semoga Allah senantiasa melimpahkan rahmatNya kepada segenap hambanya yang selalu berusaha mendapatkan yang halal untuk dirinya dan keluarganya, amin.
Item Type: | Thesis ( S1 Undergraduate ) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Syariah UNIDA Gontor > Hukum Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Enjllina Vita |
Date Deposited: | 14 Nov 2024 03:00 |
Last Modified: | 14 Nov 2024 03:00 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/4512 |
Statistics Downloads of this Document
View Item |