Search for collections on UNIDA Gontor Repository

FRANCHISE CONCEPT IN ISLAMIC ECONOMICS (Literature Study)

Barid, Vera Bararah (2009) FRANCHISE CONCEPT IN ISLAMIC ECONOMICS (Literature Study). S1 Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.

[img] FILE TEXT (Vera Bararah Barid - HES - 2009)
Vera Bararah Barid - HES - 2009.pdf - Published Version
Exclusive to Registered users only
License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (87MB)

Abstract

Kurangnya lapangan pekerjaan pada saat ini memicu munculnya konsep- konsep baru dalam dunia perdagangan untuk menciptakan lapangan pekerjaan baru, karena bagaimanapun juga dunia wirausaha memang lebih menjanjikan kesuksesan lebih cepat daripada jika seseorang hanya bekerja sebagai pegawai. Waralaba merupakan jenis wirausaha yang dijalankan berdasarkan konsep kerjasama antara pewaralaba dan terwaralaba dengan menyandang brand pewaralaba sehingga terwaralaba dapat menjalankan bisnis ini dengan menggunakan nama atau merk pewaralaba dan menggunakan sistem bagi hasil sesuai kesepakatan di awal perjanjian. Bisnis baru ini muncul dari barat namun telah dikenal dihadapan masyarakat dan telah menjamur dimana-mana baik lokal maupun internasional. Apalagi dengan melihat suksesnya usaha ini, membuat orang melirik untuk mencoba dan bergabung dalam jenis usaha ini. Dalam konsepnya, apakah waralaba sudah sesuai dengan syari'ah atau ekonomi Islam atau belum, maka penulis tertarik untuk membahas tentang bagaimana konsep waralaba dalam ekonomi Islam dan bagaimana aplikasi waralaba dalam ekonomi Islam, maka penulis merasa perlu untuk meneliti dan mengkaji lebih dalam lagi tentang hal tersebut. Penelitian ini adalah penelitian literatur dengan pendekatan normatif teologis terhadap konsep kerjasama dalam ekonomi Islam. Penelitian ini menggunakan analisis pendekatan konseptual. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, dengan mengunjungi perpustakaan ataupun sumber data dan metode dokumentasi, dengan mencari data pada tulisan para pakar, transkip dan majalah yang berhubungan dengan aplikasi waralaba dewasa ini. Adapun metode yang digunakan untuk menganalisa data adalah metode deduktif, untuk mendiskripsikan konsep umum tentang waralaba dan ekonomi islam. Metode induktif juga digunakan dalam membahas konsep dasar waralaba dalam islam. Deskriptif content metode analisys juga akan digunakan dalam menganalisa aplikasi konsep waralaba dalam ekonomi Islam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam konsep kerja sama menurut ekonomi Islam termasuk waralaba telah diatur dalam al-qur'an dan sunnah. Berdasarkan penelitian ini, penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa konsep waralaba menurut ekonomi islam menggunakan akad musyarakah sesuai dengan syarat-syarat dan ketentuan yang telah berlaku. Penulis sadar bahwa penelitian ini masih jauh dari sempurna. Terdapat banyak kekurangan dalam penelitian ini. Penulis berharap para peneliti muslim lainnya dapat melakukan kajian yang lebih dalam pada tema ini.

Item Type: Thesis ( S1 Undergraduate )
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Syariah UNIDA Gontor > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Enjllina Vita
Date Deposited: 14 Nov 2024 03:39
Last Modified: 14 Nov 2024 03:39
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/4527

Statistics Downloads of this Document

Downloads per month in the last year

View more statistics

 View Item View Item