Search for collections on UNIDA Gontor Repository

أثر مزيج التسويقي في رفع منتجات الوديعة دراسة حالة في بنك ما نديري الشرعي فونوروكو سنة ٢٠١١)

Ardhianto, Wildana Nur (2011) أثر مزيج التسويقي في رفع منتجات الوديعة دراسة حالة في بنك ما نديري الشرعي فونوروكو سنة ٢٠١١). S1 Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.

[img] FILE TEXT (Wildana Nur Ardhianto - HES - 2011)
Wildana Nur Ardhianto - HES - 2011 (1).pdf - Published Version
Exclusive to Registered users only
License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (123MB)

Abstract

Dewasa ini, kecenderungan komsumtif masyarakat relatif tinggi dan berbanding terbalik minatnya terhadap menabung yang sangat rendah, sehingga perlu untuk menekankan kepada masyarakat bahwa menabung itu penting. Walaupun bank menanamkan di dalam produknya segala fasilitas dan kemudahan bagi nasabah, akan tetapi masih banyak yang belum tertarik untuk menabung di bank. Disinilah bank dituntut agar semakin aktif untuk menumbuhkan kembali budaya menabung pada masyarakat. Untuk itu digunakan strategi pemasaran yang mampu mendukung dalam memasarkan produk wadiah ini yaitu strategi marketing mix (bauran pemasaran) yang meliputi product, price, place,promotion, people, process, dan physical evidence. Bank Syariah Mandiri Ponorogo hadir, tampil dan tumbuh sebagai bank yang mampu memadukan idealisme usaha dengan nilai-nilai rohani, yang melandasi kegiatan operasionalnya. Bank Syariah Mandiri Ponorogo merupakan bank yang maju dan berkembang dengan jumlah nasabah yang semakin meningkat. Hal ini tidak lepas dari usahanya yang berhubungan dengan tata-cara pemasaran produknya. Dengan adanya kemajuan yang dicapai oleh Bank Syariah Mandiri Ponorogo ini, penulis ingin mengetahui bagaimana cara menarik calon nasabah baru dan bagaimana cara memasarkan produk-produknya. Dalam Penelitian ini, peneliti lebih berkonsentrasi dalam pembahasan mengenai bagaimanakah pelaksanaan Bauran Pemasaran di Bank Syariah Mandiri Ponorogo dan sejauh manakah hubungan serta pengaruhnya terhadap peningkatan pemasaran produk wadi'ah. Penelitian ini adalah penelitian Deskriptif Kuantitatif Eksploratif dengan pendekatan Femenologi yang dalam pengumpulan data-datanya peneliti menggunakan metode observasi, dokumentasi dan wawancara untuk mendapatkan data-data deskriptif di Bank Syariah Mandiri Ponorogo, sedang untuk mendapatkan data tentang pengaruh bauran pemasaran terhadap peningkatan pemasaran produk wadiah digunakanlah angket dengan mengambil sample sebanyak 27 responden secara random. Pengujian atas hipotesis yang diajukan tentang ada tidaknya hubungan dan pengaruh bauran pemasaran terhadap peningkatan pemasaran produk wadiah, maka digunakanlah teknik korelasi product moment dengan terlebih dahulu mencari db- nya yang selanjutnya dikonsultasikan atas nilai "t" pada tabel Product Moment dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh positif antara bauran pemasaran terhadap peningkatan pemasaran produk wadiah. Pembuktian terhadap hipotesis yang diajukan menunjukkan bahwa dari nilai "xy" yang dikonsultasikan terhadap nilai "t" pada table dengan derajat kebebasan 25 dan dengan taraf signinifikansi 5% didapat, nilai xy:0.649 dan nilai t dengan db 25 dengan taraf signifikansi 5% adalah 0.381. Jelas sekali bahwa xy lebih besar daripada nilai t pada table, maka dengan demikian disimpulkan bahwa, H (Hipotesa alternatif) disetujui yang berarti adanya pengaruh yang kuat antara bauran pemasaran dengan peningkatan pemasaran produk wadiah. Dalam penelitian ini juga menunjukkan bahwa Bank Syariah Mandiri benar-benar menjaga kualitas pelayanannya terhadap nasabahnya dan menerapkan seluruh kegiatannya sesuai dengan Syariah Islam. Inilah bahasan sederhana yang dituangkan dalam sebuah penelitian lapangan yang terbatas, yang dirasa banyak sekali kekurangan-kekurangannya. Untuk itu penulis berharap, semoga dengan ini peneliti selanjutnya dapat melengkapi kekurangan-kekurangan yang ada. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan taufik serta hidayahNya kepada kita semua sehingga kita bisa mencapai cita-cita yang kita harapkan.Amin.

Item Type: Thesis ( S1 Undergraduate )
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Syariah UNIDA Gontor > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Enjllina Vita
Date Deposited: 14 Nov 2024 04:08
Last Modified: 14 Nov 2024 04:08
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/4536

Statistics Downloads of this Document

Downloads per month in the last year

View more statistics

 View Item View Item