Yulianingsih, Yulianingsih (2014) دور مسؤولة المكتبة في تنمية رغبة القراءة للطالبات السنة الثالثة بمعهد دار السلام كونتور للبنات الثالث للتربية الإسلامية بكارنجبانيو ويدودارين نجاوي جاوى الشرقية العام الدراسي ١٤٣٤ - ١٤٣٥ هـ. S1 Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DARUSSALAM GONTOR.
FILE TEXT (Yulianingsih - PAI - (2014) -)
31.1.1.8791-Yulianingsih (2014) - PAI.pdf - Published Version Exclusive to Registered users only License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (48MB) |
Abstract
Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 3 adalah salah satu lembaga pendidikan modern yang berorientasi pada pembentukan kader-kader pemimpin. Sebagai lembaga pendidikan yang memiliki motto berpengetahuan luas, maka memiliki perpustakaan adalah salah satu penunjang berjalannya pendidikan dan pengajaran di dalamnya. Dengan adanya perpustakaan diharapkan anak-anak dapat mengembangkan minat baca merekauntuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan mereka baik dari segi agama, sejarah islam, ekonomi, dan berita-berita lainnya. Selain sebagai tempat untuk membaca, perpustakaan juga berperan sebagai tempat untuk mencari referensi buku-buku untuk tugas dari guru mereka atau untuk membuat makalah pidato. Dengan demikian, perpustakaan yang memiliki koleksi buku-buku yang menarik serta penanggungjawab yang baik, sangatlah berperan penting dalam pembinaan minat baca anak-anak sehingga mereka merasa butuh membaca untuk menambah pengetahuan dan wawasan mereka. Tujuan dari pembahasan ini adalah: 1) untuk mengetahui bagaimana peran perpustakaan dalam meningkatkan minat baca siswi kelas 3 Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 3. 2) untuk mengetahui bagaimana minat baca siswi kelas 3 Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 3. 3) untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam meningkatkan minat baca siswi kelas 3 Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 3. 4) untuk mengetahui usaha apa saja yang dilakukan bagian perpustakaan dalam membina minat baca siswi kelas 3 Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 3. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket untuk mengetahui peran pengurus perpustakaan dalam meningkatkan minat baca siswi. Metode observasi dan metode interview untuk mengetahui keadaan perpustakaan dan keadaan siswi ketika mengunjungi perpustakaan, metode dokumenter untuk mengetahui jumlah pengunjung dan jumlah koleksi buku-buku. Metode dari Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan untuk menganalisa data. Hasil penelitian ini adalah: 1) Pengurus perpustakaan telah berperan dengan baik dalam meningkatkan minat baca santri salah satunya dengan mengadakan beberapa acara mengenai perpustakaan, seperti seminar dan majalah dinding mengenai perpustakaan. 2) Minat baca siswi kelas 3 Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 3 kurang baik dengan jumlah terendah mengunjungi perpustakaan dibandingkan dengan kelas yang lain. 3) Faktor pendukung minat baca siswi antara lain: a) malas untuk jajan, b) memenuhi tugas dari guru, c) kenyamanan ruang perpustakaan. Faktor penghambat minat baca siswi antara lain: a) potensi dalam diri masing- masing siswi untuk membaca, b) jauhnya ruang kelas dengan perpustakaan, c) kesibukan mereka sehari-hari. 4) Usaha perpustakaan dalam pembinaan minat baca siswi kelas 3 Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 3 seperti: a) mengadakan seminar tentang perpustakaan, b) membuat majalah dinding tentang perpustakaan, c) mengadakan lomba berkenaan dengan perpustakaan. Berdasarkan hasil yang didapat dalam pembahasan ini, diharapkan kepada Bapak Direktur KMI Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 3 untuk memperhatikan keadaan perpustakaan sebagai pusat pengetahuan dan wawasan, bagi pengurus perpustakaan untuk mengerahkan kemampuan mereka dalam melaksanakan kewajiban mereka dan mendukung peran pendidikan dan pengajaran dengan perantara perpustakaan serta untuk membina dan memotivasi siswi untuk berminat membaca dan menyukai buku dengan menyediakan buku yang bermacam- macam, dan bagi para siswi kelas 3 Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 3 untuk meningkatkan minat baca mereka agar memiliki pngetahuan dan wawasan yang luas.
Item Type: | Thesis ( S1 Undergraduate ) |
---|---|
Subjects: | Dewey Decimal Classification > 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 020 - Ilmu perpustakaan dan informasi > 021 Hubungan perpustakaan (dengan arsip, pusat informasi, dll.) 23rd Dewey Decimal Classification > 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 020 - Ilmu perpustakaan dan informasi > 021 Hubungan perpustakaan (dengan arsip, pusat informasi, dll.) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Thoba Qolby |
Date Deposited: | 02 Dec 2024 02:58 |
Last Modified: | 02 Dec 2024 02:58 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/4593 |
Statistics Downloads of this Document
View Item |