Harahap, Amrin Habibi (2015) العلاقة بين شخصية المعلم ورغبة تعلم طلبة الفصل التاسع لمادة التربية الإسلامية في المدرسة الثانوية محمدية الثالثة جيتيس فونوروكو جاوى الشرقية العام الدراسي ٢٠١٤-٢٠١٥ م. S1 Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DARUSSALAM GONTOR.
FILE TEXT (Amrin Habibi Harahap- PAI 2015-)
2015- Amrin Habibi Harahap- PAI.pdf - Published Version Exclusive to Registered users only License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (46MB) |
Abstract
Tugas seorang guru bukan hanya sekedar mengajar dalam kelas formal saja tapi seorang guru sudah seperti orang tua bagi anak didik. Guru sebagai pendidik dan pembaharu generasi muda harus menjadi teladan di dalam maupun di luar sekolah, guru harus dapat memperlihatkan kelakuan, sifat, penampilan yang dapat ditiru oleh masyarakat khususnya anak didik, karena kepribadian seorang guru sangatlah berpengaruh dan menjadi penentu suksesnya proses belajar mengajar dikelas. Oleh karena itu, dapat diketahui bahwa kepribadian guru yang mantap dan matang maka akan timbul minat siswa untuk senang mempelajari mata pelajaran tersebut. Maka dari itu, minat merupakan hal yang sangat penting dalam mencapai suatu tujuan/ terlaksananya suatu tujuan. Tujuan dari Penelitian ini untuk: (1) mengetahui bagaimana kepribadian guru Pendidikan Agama Islam di SMP Muhammadiyah 3 Jetis Ponorogo (2) mengetahui bagaimana minat belajar siswa kelas IX dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Muhammadiyah 3 Jetis Ponorogo (3) mengetahui seberapa besar hubungan kepribadian guru Pendidikan Agama Islam dengan minat belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas IX di SMP Muhammadiyah 3 Jetis Ponorogo. Pengumpulan data dilakukan dengan metode angket dan metode documenter, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik korelasi product moment dengan taraf signifikansi 5% Populasi yang dipakai adalah seluruh siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 3 Jetis Ponorogo, sedangkan sampel yang di pakai adalah seluruh siswa karena jumlah populasi kurang dari 100 yaitu 39 siswa, dan penelitian ini disebut Penelitian Populasi. Dari analisis dapat diketahui bahwasanya: (1) kepribadian guru Pendidikan Agama Islam di SMP Muhammadiyah 3 Jetis Ponorogo Adalah tinggi dengan nilai 85,76 berada pada rentangan 76-100, (2) minat belajar siswa kelas IX dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Muhammadiyah 3 Jetis Ponorogo adalah Sedang dengan nilai 68,87 berada direntangan 51-75, (3) ada hubungan yang signifikan antara kepribadian guru Pendidikan Agama Islam dengan minat belajar siswa kelas IX di SMP Muhammadiyah 3 Jetis Ponorogo dan derajat hubungan antara kepribadian guru dengan minat belajar siswa tinggi. Hal ini ditunjukkan dengan nilai xxy= 0,400 lebih besar dari nilai r tabel 0,325. Berdasarkan penelitian ini alternatife hypothesis diterima. Berdasarkan penelitian tersebut, penulis mengharapkan: (1) kepada guru Pendidikan Agama Islam dan kepala sekolah untuk lebih memperhatikan kompetensi kepribadian guru dan peningkatan minat belajar siswa khususnya dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. (2) kepada para guru untuk lebih mempersiapkan diri dalam mengajar dengan persiapan yang matang dengan memperhatikan kompetensi kepribadian guru dan minat belajar siswa. (3) kepada para siswa kelas IX dan siswa yang lain untuk lebih meningkatkan minat belajarnya khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.
Item Type: | Thesis ( S1 Undergraduate ) |
---|---|
Subjects: | 23rd Dewey Decimal Classification > 200 – Agama > 200 - Agama > 207 Misi dan pendidikan agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Thoba Qolby |
Date Deposited: | 03 Dec 2024 01:24 |
Last Modified: | 03 Dec 2024 01:24 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/4599 |
Statistics Downloads of this Document
View Item |