Search for collections on UNIDA Gontor Repository

الأمثال القرآن في فضيلة العلم عند الزمخشري (دراسة التحليلية)

Muhammad, Hafid Nur (2015) الأمثال القرآن في فضيلة العلم عند الزمخشري (دراسة التحليلية). S1 Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DARUSSALAM GONTOR.

[img] FILE TEXT (Hafid Nur Muhamad - IQT 2015-)
2015-Hafid Nur Muhamad - IQT.pdf - Published Version
Exclusive to Registered users only
License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (47MB)

Abstract

Salah satu kitab tafsir yang erat akan condong terhadap aspek bahasa adalah tafsir Al- Kasyaf sebuah karya fenomenal milik Zamakhsyari. Tafsir Al-Kasyaf merupakan salah satu tafsir bercorak bahasa yang muncul di zaman tadwin karya Az-Zamaksyari. Beliau adalah sosok ulama bahasa terkenal sebagaimana banyak karya-karya yang ia tulis memiliki disiplin ilmu dan aspek yang condong kepada bahasa, sehingga banyak i'jaz balaghi dan uslub-uslub hingga syair yang indah dalam karyanya. Salah satu uslub bahasa dalam al-qur'an adalah metode amstal yang mana metode ini merupakan sebuah perumpamaan dalam sebuah kajian bahasa dan banyak digunakan oleh para da'i sebagai penjelas dalam berceramah. Seiring dengan munculnya tafsir bercorak bahasa fadilatu al-ilmi adalah objek yang cocok untuk disandingkan dengan amtsal karena makin berkembangnya ilmu pengetahuan dan begitu pula Al-Zamakhsyari menghabiskan seluruh waktu hidupnya mencari ilmu. Penelitian ini merupakan penelitian bercorak analisis kritis yang bertujuan untuk menelusuri metode amtsal dalam ayat keutamaan ilmu berdasarkan tafsirnya Az-Zamakhsyari, dengan merujuk lebih jauh kepada sumber-sumber yang dikarang oleh zamakhsyari sebagai sumber primer, dan sumber yang lain sebagai rujukan sekunder. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan dua metode: Metode Deskriptif sebuah metode yang memberikan pemaparan tentang Zamakhsyari dan penafsiran terhadap ayat-ayat Amisal tentang fadilatu al-ilmi. Dan untuk itu peneliti merujuk kepada karya Az-Zamakhsyari dan karya ulama lainya yang berkenaan dengan pembahasan peneliti. Dan Metode Analisis Kritis sebuah metode dengan mencoba menganalisis yang menjabarkan tentang metode Amrsal qur'an yang diterangkan oleh Az-Zamakhsyari dalam tafsirnya Al-Kasyaf, kemudian memaparkan penafsiranya terhadap ayat fadilatu al-ilmi dalam Al-Qur'an dengan menafsirkan secara tahlili. Kemudian peneliti mencoba untuk mengkritisi makna dan mengklasifikasi ayat yang sesuai dengan penafsiran Az-Zamaksyari terhadap ayat fadilatul ilmi dalam metode Amtsal secara Maudu 'i. Dari bangunan penelitian sederhana ini, peneliti menyimpulkan bahwa uslub-uslub atau i'jaz lughawi dalam Al-Qur'an tidak hanya terletak pada balaghoh dan susunan kata yang indah saja, melainkan adanya metode Amtsal didalamnya sehingga dapat menyempurnakan keindahan Al-Qur'an itu sendiri, dalam ayat yang diteliti terdapat dua bentuk amtsal, yang pertama dalam surah Al-Zumar ayat 9, didalamnya terdapat amtsal kaminah dengan perumpamaan ini allah membandingkan derajad seorang berilmu dan tidak berilmu dan derajad seorang berilmu lebih utama dibandingkan yang tidak berilmu. Pada ayat yang kedua terdapat amtsal Mursalah yaitu pada surah Ali Imron ayat 7, perumpamaan ini ditunjukan bahwa seorang Rosikhuna fi Ilmi selalu istiqomah dalam mecari ilmu dan selalu beriman kapada allah. Dari masing-masing permisalan yang ditunjukkan diatas oleh Allah bahwasanya Al-Qur'an memiliki keindahan l'jaz uslub- uslubnya dan dengan permisalan ini allah tunjukan agar manusia berfikir. Akhirnya peneliti menilai masih banyak kekurangan yang terdapat pada penelitian ini. Maka peneliti mengharapkan perbaikan dan masukan dari pembaca agar penelitian ini mendapatkan hasil yang lebih baik. Selanjutnya penulis berharap agar penelitian ini mendapat dilengkapi oleh peneliti yang akan datang, sehingga hasilnya bisa lebih baik dan memuaskan. Wallahu a'lamu bishawab.

Item Type: Thesis ( S1 Undergraduate )
Subjects: 23rd Dewey Decimal Classification > 2X0 – Islam Umum > 2X0 - Islam Umum
23rd Dewey Decimal Classification > 2X7 - Filsafat, Dakwah, Pendidikan Agama, Sekolah, Pembaharuan Pemikiran, Pers dan Media Massa Islam > 2X7.300 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin UNIDA Gontor > Ilmu Quran dan Tafsir
Depositing User: Thoba Qolby
Date Deposited: 07 Dec 2024 02:21
Last Modified: 07 Dec 2024 02:21
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/4614

Statistics Downloads of this Document

Downloads per month in the last year

View more statistics

 View Item View Item