Syukur, Abdul (2009) تنفيذ تعليم قراءة القرآن الكريم بالإشراف في معهد الرعاية - مؤسسة "ستي حجر" قرية فاتيحان - ماديون. S1 Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DARUSSALAM GONTOR.
FILE TEXT (Abdul Syukur - PAI - 2009)
Abdul Syukur - PAI - 2009.pdf - Published Version Exclusive to Registered users only License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (107MB) |
Abstract
Panti Asuhan "Siti Hajar" adalah salah satu panti Asuhan yang berada di daerah Madiun yang merupakan panti binaan organisasi Muslimat NU (Nahdhatul Ulama) kabupaten Madiun, yang didirikan pada tanggal 23 November 1997. Tujuan didirikannya panti ini yaitu untuk mengasuh dan mengurus anak-anak yang kurang mampu, yatim, piatu, anak terlantar, Penanganan dan pengurusan kegiatan sosial, kususnya penanganan dibidang pendidikan formal dan non-formal serta keagamaan merupakan program utamanya. Ciri khas pesantren yang melekat pada Panti tersebut, telah mengajarkan bimbingan keagamaan seperti bimbingan, fiqih, adab, ahklak, ta'lim mota'alim, tajwid, iqra' dan membaca al-Qur'an (Qira'ah). Pada bimbingan keagamaan seperti membaca al-Qur'an (qira'ah) di Yayasan ini telah diakui oleh masyarakat dan mendapat perhatian khusus, guru-guru didatangkan dari pondok-pondok Pesantren dan sejak berdirinya Yayasan ini telah berhasil memberikan bimbingan belajar membaca mulai dari yang tidak bisa mengenal baca tulis al-Qur'an hingga menjuarai tingkat sekolahan dan tingkat kecamatan. e Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pelaksanaan Pengajaran membaca al- Qur'an terbimbing, 2). Faktor-faktor yang mendukung dan menghambat pengajaran membaca al- Qur'an yang ada di Pondok Asuh Panti Asuhan "Siti Hajar" desa Patihan Kabupaten Madiun A 2 114 C Q Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, teknik-teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: (1) Teknik wawancara, untuk mewawancarai guru pengajar Al-Qur'an, (2) teknik observasi partisipasi pasif (Pasif Participation), untuk mengamati secara langsung kegiatan belajar-mengajar tetapi peneliti tidak terlibat langsung di dalam kegiatan, (3) Teknik documenter, untuk mendapatkan data-data tentang gambaran umum pondok asuh panti asuhan siti hajar. Sedangkan analisis datanya adalah analisis data Model Alir Miles dan Huberman (1984) yang mencakup tiga langkah dalam penelitian yaitu reduksi data, display/penyajian data dan kesimpulan/verifikasi. Dari analisis data ditemukan babwa: 1). Pelaksanaan Pengajaran membaca al-Qur'an terbimbing di Pondok Asuh Panti Asuhan "Siti Hajar desa Patihan Madiun pola atau cara pengajaran yang digunakan adalah Sorogan dan klasikal. Adapun materi pengajarannya berupa: (a) Pengajaran dan pengenalan huruf hijaiyyah; (b) Pengajaran Tajwid; (c) Sima'an; (d) Mujawwadah; (e) Membaca Yasiin 2). Adanya factor pendukung dan penghambat dalam pengajaran membaca al-Qur'an, yang meliputi: (a). Faktor pendukung adanya guru atau pembimbing khusus dalam pengajaran membaca al-Qur'an, (b). Adanya factor penghambat yang di antaranya masih bercampurnya antara ruang belajar membaca al-Qur'an dengan kamar tidur Berangkat dari hal ini maka yang diperlukan adalah pendidikan dan pengajaran, yang tujuan atau hakikat pendidikan tersebut adalah perubahan. Oleh karena itu peneliti berharap kepada guru pengajar Al-Qur'an dan pembaca agar selalu meningkatkan kualitas bimbingan pengajaran bacaan Al-Qur'annya. Buku-buku, VCD, mp3 yang berkenaan dengan metode pengajaran membaca al-Qur'an, hendaknya dikuasai dan dimiliki sebagai alat bantu, dan juga sebagai bekal serta sebagai bahan acuan untuk proses bimbingan pengajaran membaca al- Qur'an.
Item Type: | Thesis ( S1 Undergraduate ) |
---|---|
Subjects: | 23rd Dewey Decimal Classification > 200 – Agama > 200 - Agama > 207 Misi dan pendidikan agama 23rd Dewey Decimal Classification > 2X7 - Filsafat, Dakwah, Pendidikan Agama, Sekolah, Pembaharuan Pemikiran, Pers dan Media Massa Islam > 2X7.300 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Thoba Qolby |
Date Deposited: | 11 Dec 2024 03:54 |
Last Modified: | 11 Dec 2024 03:54 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/4619 |
Statistics Downloads of this Document
View Item |