Search for collections on UNIDA Gontor Repository

إنجاز تعلم مادة التربية الإسلامية لطلبة السنة الأولى بالمدرسة الوسطى الحكومية الأولى ملاراك فونوروكو والمدرسة الوسطى الحكومية الأولى سيمان فونوروكو في العام الدراسيی ۲۰۰۰ - ۲۰۰۱ (دراسة مقارنة)

Mustofa, Idam (2001) إنجاز تعلم مادة التربية الإسلامية لطلبة السنة الأولى بالمدرسة الوسطى الحكومية الأولى ملاراك فونوروكو والمدرسة الوسطى الحكومية الأولى سيمان فونوروكو في العام الدراسيی ۲۰۰۰ - ۲۰۰۱ (دراسة مقارنة). S1 Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DARUSSALAM GONTOR.

[img] FILE TEXT (Idam Mustofa - PAI - 2001)
Idam Mustofa - PAI - 2001 - 17112037.pdf - Published Version
Exclusive to Registered users only
License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (75MB)

Abstract

SLTP Negeri 1 Mlarak Ponorogo dan SLTP Negeri 1 Siman Ponorogo adalah dua lembaga pendidikan dibawah naungan Departemen Pendidikan Nasional RI yang berwenang menetapkan kurikulum sekolah negeri. Dengan demikian kedua sekolah ini sebagaimana semua sekolah berstatus negeri harus melaksanakan kurikulum Depdiknas. Dari sekian banyak pelajaran yang diajarkan di SLTP Negeri adalah Pendidikan Agama Islam. Seperti diketahui, kenyataan yang terjadi adalah tidak disukainya pelajaran Pendidiakan Agama Islam oleh para siswa disebabkan oleh ketidaksadaran mereka akan pentingnya pelajaran Pendidikan Agama Islam dan fenomena lebih sedikitnya jam pelajaran yang dialokasikan dibanding dengan pelajaran lain selain adanya anggapan bahwa sekolah negeri bukan untuk menuntut ilmu agama padahal pelajaran ini mempunyai pengaruh besar bagi pembentukan budi pekerti para siswa dan upaya menjauhkan mereka dari pengaruh negatif lingkunan. Bertolak dari latar belakang diatas penelitian ini bertujuan mengungkap prestasi belajar PendidikanAgama Islam siswa kelas 1 Sekolah Lanjutan Pertama Negeri 1 Mlarak Ponorogo dan Sekolah Lanjutan Pertama Negeri Siman Ponorogo Tahun Pelajaran 2000 2001 kemudian mencari perbedaan atau persamaan diantara kedua hal tersebut. Jenis Penelitian ini adalah studi komparatif dengan menggunakan statistik inferensial ditinjau dari tujuannya dan penelitan verivikatif ditinjau dari bobot penelitian. Untuk mendapatkan hal-hal yang diperlukan dalam penelitian ini penulis menggunakan metode wawancara untuk mendapatkan data mengenai segala sesuatu yang berkaitan dengan pengajaran PAI, metode dokumentasi guna memperoleh data mengenai keadaan sekolah, guru, murid dan prestasi belajar PAI dan metode observasi untuk mendapatkan data lain yang memperkuat penelitian ini. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 1 SLTP Negeri Mlarak Ponorogo sebanyak 240 siswa dan SLTP Negeri 1 Siman Ponorogo sebanyak 272 siswa tahun pelajaran 2000-2001. Sedangkan sampel dari masing-masing populasi adakah 25% atau 60 dari populasi siswa SLTP Negeri 1 Mlarak Ponorogo dan 68 siswa dari populasi siswa kelas 1 SLTP Negeri Siman Ponorogo. Adapun jenis sampel adalah simple ramdom sampling dan cara pengambilan sampling adalah undian. Sedangkan teknik analisa data menggunakan rumus statistik t-test dengan taraf signifikansi 5%. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah: 1) Prestasi belajar PAI siswa SLTP Negeri 1 Mlarak adalah baik (7,0). 2) Prestasi belajar PAI siswa SLTP Negeri 1 Mlarak adalah baik(7,1) 3) Tidak ada perbedaan yang tidak signifikan antara prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas 1 Sekolah Lanjutan Pertama Negeri 1 Mlarak Ponorogo dan Sekolah Lanjutan Pertama Negeri Siman Ponorogo Tahun Pelajaran 2000 2001. Dari hasil yang diperoleh perlu disarankan kepada kepala sekolah dan para guru untuk berusaha memperbaiki pengajaran PAI. Dan untuk para siswa agar lebih memperhatikan pelajaran PAI dan berusaha untuk berakhlak karimah.

Item Type: Thesis ( S1 Undergraduate )
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Enjllina Vita
Date Deposited: 07 Dec 2024 03:43
Last Modified: 07 Dec 2024 03:43
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/4623

Statistics Downloads of this Document

Downloads per month in the last year

View more statistics

 View Item View Item