Sari, Ika Mustika (2009) قيمة التربية الاجتماعية في الحركة الكشفية بمعهد دار السلام كونتور للبنات الأول للتربية الإسلامية الحديثة بسامبيريجو مانتنجان نجاوي جاوى الشرقية العام الدراسي: ١٤٢٩ - ١٤٣٠ هـ. S1 Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DARUSSALAM GONTOR.
FILE TEXT (Ika Mustika Sari - PAI - 2009)
Ika Mustika Sari - PAI - 2009.pdf - Published Version Exclusive to Registered users only License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (101MB) |
Abstract
Manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan orang lain dalam kehidupannya. Maka seorang manusia harus mempunyai akhlak yang baik dalam bergaul dengan sesamanya. Sehingga dia membutuhkan pendidikan kemasyarakatan agar dapat bermasyarakat dengan baik. Gontor Putri I merupakan balai pendidikan yang sangat memperhatikan pendidikan kemasyarakatan. Unruk membekali santriwatinya, Pondok Modern mengadakan kegiatan kepramukaan yang diharapkan dapat memberikan bekal jiwa kemasyarakatan yang dibutuhkan oleh santriwati. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) kegiatan kepramukaan yang mengandung pendidikan kemasyarakatan di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri I, dan (2) nilai pendidikan kemasyarakatan yang terkandung dalam gerakan kepramukaan di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri I. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, yang pengumpulan datanya dengan menggunakan beberapa teknik, yaitu: (1) wawancara, (2) dokumentasi, (3) observasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif untuk menggambarkan tentang kegiatan kepramukaan di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri I, dilanjutkan dengan analisis data dengan beberapa teknik, yaitu: (1) deskriptif kualitatif, (2) analisis isi, (3) analisis taksonomi untuk menggambarkan tentang kegiatan kepramukaan yang mengandung pendidikan kemasyarakatan di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri I dan Nilai Pendidikan kemasyarakatan dalam kegiatan kepramukaan di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri I. Dan hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kegiatan kepramukaan yang mengandung pendidikan kepramukaan adalah: perkemahan, upacara, PPPK, masak- memasak, kontingen, jambore raimuna, pembuatan pioneering, penyampaian materi, PMR, bakti sosial, LPGTPi dan baris-berbaris. (2) dan nilai pendidikan kemasyarakatan dalam kegiatan kepramukaan di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri I adalah: cinta alam, saling tolong-menolong, peduli terhadap orang lain, kasih sayang terhadap manusia, mengutamakan orang lain, kepemimpinan, mandiri, toleransi, suka bermusyawarah, mudah beradaptasi, ikut merasakan perasaan orang lain, memperhatikan hak orang lain, rela berkorban, tidak membedakan derajat. Berdasarkan penelitian awal yang singkat ini, penulis berharap kepada: 1. Majlis Pembimbing Koordinator untuk lebih memperhatikan penanaman jiwa kemasyarakatan pada para adika dengan kegiatan-kegiatan kepramukaan, 2. anggota koordinator gerakan pramuka untuk sunggu-sungguh dalam melatih adika Darussalam terutama dalam pendidikan kemasyarakatan, baik dari segi kursus-kursus, dan program kerja mereka, 3. para adika penegak dan pramuka yang lain untuk meningkatkan diri dalam kegiatan kepramukaan dan mengambil manfaat yang sebanyk-banyaknya.
Item Type: | Thesis ( S1 Undergraduate ) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Enjllina Vita |
Date Deposited: | 07 Dec 2024 03:54 |
Last Modified: | 07 Dec 2024 03:54 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/4625 |
Statistics Downloads of this Document
View Item |