Search for collections on UNIDA Gontor Repository

دور مسئولى مكتبة دار السلام فى تنمية الرغبة في القراءة لطلاب السنة الخامسة بكلية المعلمين الإسلامية بمعهد دار السلام كونتور فونوروكو للتربية الإسلامية الحديثة العام الدراسي : ١٤٣٥ - ١٤٣٦ هـ

Istighfar, Abdur Rozzaq Luhur (2015) دور مسئولى مكتبة دار السلام فى تنمية الرغبة في القراءة لطلاب السنة الخامسة بكلية المعلمين الإسلامية بمعهد دار السلام كونتور فونوروكو للتربية الإسلامية الحديثة العام الدراسي : ١٤٣٥ - ١٤٣٦ هـ. S1 Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DARUSSALAM GONTOR.

[img] FILE TEXT (Abdur Rozzaq Luhur Istighfar - PAI - 2015)
Abdur Rozzaq Luhur Istighfar - PAI - 2015.pdf - Published Version
Exclusive to Registered users only
License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (106MB)

Abstract

Sebagai pondok modern yang memiliki motto berpengetahuan luas, maka keberadaan perpustakaan di dalamnya adalah salah satu kebutuhan yang mutlak sebagai penunjang untuk terwujudnya motto tersebut. Dengan adanya perpustakaan, diharapkan para siswa dapat mengembangkan minat baca mereka agar dapat menambah pengetahuan dan wawasan mereka, khususnya bagi siswa kelas 5. Sebagai pengurus dan pendidik siswa di dalam kegiatan sehari-hari, pengetahuan dan pengalaman mereka sangat berperan penting dalam membentuk karakter para siswa. Selain sebagai tempat untuk membaca, bagi siswa kelas 5 perpustakaan juga berperan penting sebagai tempat untuk mencari buku- buku rujukan untuk tugas dari guru mereka atau untuk membuat makalah pidato dan diskusi. Dengan demikian, perpustakaan yang memiliki koleksi buku-buku yang menarik serta penanggungjawab yang baik, sangatlah berperan penting dalam pembinaan minat baca siswa kelas 5 Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo. Tujuan dari pembahasan ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan bagaimana minat baca siswa kelas 5 Pondok Modern Darussalam Gontor Pusat. 2) untuk mendeskripsikan usaha apa saja yang dilakukan bagian perpustakaan dalam pembinaan minat baca siswa kelas 5 Pondok Modern Darussalam Gontor Pusat. 3) untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat dalam meningkatkan minat baca siswa kelas 5 Pondok Modern Darussalam Gontor Pusat. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat kualitatif. Agar tujuan penelitian terlaksana, dalam pengumpulan peneliti menggunakan metode observasi dan metode interview untuk mengetahui keadaan perpustakaan dan keadaan siswa ketika mengunjungi perpustakaan, metode dokumenter untuk mengetahui jumlah pengunjung dan jumlah koleksi buku-buku, metode interview untuk mengetahui peran pengurus perpustakaan dalam meningkatkan minat baca siswa. Sedangkan analisa datanya adalah analisis lisis data model Miles dan Huberman data, dan kesimpulan yang meliputi reduksi data, penyajian Hasil penelitian ini adalah: (1) Minat baca siswa kelas 5 Pondok Modern Darussalam Gontor Pusat kurang baik dengan jumlah terendah mengunjungi perpustakaan dibandingkan dengan kelas yang lain Juga karena kesibukan mereka lebih banyak dibandingkan dengan kelas lain, mengurangi kesempatan mereka untuk membaca dan mennyebabkan minat baca mereka berkurang (2) Pengurus perpustakaan telah berusaha dengan baik dalam meningkatkan minat baca siswa kelas 5, selain membersihkan dan menertibkan ruang perpustakaan, mereka selalu mengadakan perkumpulan mingguan untuk membahas evaluasi dan program kerja. Lebih dari itu mereka juga mengadakan beberapa acara mengenai perpustakaan seperti: a) Membuat majalah dinding, b) Bekerjasama dengan Darussalam Pos dalam mengadakan seminar, c) Mengadakan expo buku. (3) Faktor pendukung minat baca siswa kelas 5 antara lain: a) Memenuhi tugas dari guru yang menuntut untuk mencari buku di perpustakaan, b) Adanya kegiatan diskusi mingguan bagi siswa kelas 5. Sedangkan faktor penghambat minat baca mereka antara lain: a) Kurangnya kecintaan/kesadaran dalam diri masing-masing siswa untuk membaca, b) Jauhnya asrama dari perpustakaan, c) Memenuhi panggilan dan laporan ke bagian OPPM, d) Lebih suka dengan kegiatan lain seperti olahraga, pramuka dsb. Berdasarkan hasil yang didapat dalam pembahasan ini, diharapkan kepada Bapak Direktur KMI Pondok Modern Darussalam Gontor Pusat dan Staff Pengasuhan Santri, untuk memperhatikan keadaan perpustakaan sebagai pusat pengetahuan dan wawasan, bagi pengurus perpustakaan untuk mengerahkan kemampuan mereka dalam melaksanakan kewajiban mereka dan mendukung peran pendidikan dan pengajaran dengan perantara perpustakaan serta agar tidak bosan dalam membina dan memotivasi siswa untuk membaca dan menyukai buku dengan cara yang lebih banyak lagi, dan bagi para siswa kelas 5 Pondok Modem Darussalam Gontor Pusat agar meningkatkan minat baca mereka agar memiliki pogetahuan dan wawasan yang luas sebagai bekal mereka menjadi pengurus

Item Type: Thesis ( S1 Undergraduate )
Subjects: Dewey Decimal Classification > 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 020 - Ilmu perpustakaan dan informasi > 021 Hubungan perpustakaan (dengan arsip, pusat informasi, dll.)
23rd Dewey Decimal Classification > 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 020 - Ilmu perpustakaan dan informasi > 021 Hubungan perpustakaan (dengan arsip, pusat informasi, dll.)

Dewey Decimal Classification > 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 020 - Ilmu perpustakaan dan informasi > 025 Operasional perpustakaan, arsip dan pusat informasi, pelayanan dan pengelolaan perpustakaan
23rd Dewey Decimal Classification > 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 020 - Ilmu perpustakaan dan informasi > 025 Operasional perpustakaan, arsip dan pusat informasi, pelayanan dan pengelolaan perpustakaan
Divisions: Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Thoba Qolby
Date Deposited: 11 Dec 2024 04:00
Last Modified: 11 Dec 2024 04:00
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/4630

Statistics Downloads of this Document

Downloads per month in the last year

View more statistics

 View Item View Item